BREAKINGNEWS.CO.ID- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) untuk meminta kepada seluruh perusahaan atau industri menerapkan pedoman Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja (K3) di lingkungan kerjanya. 
 
Hal tersebut dikatakan Bambang menyikapi data Kemenaker yang memaparkan bahwa kecelakaan kerja triwulan pertama tahun 2018 mencatat terdapat 5.318 kasus kecelakaan kerja dan hanya 10 persen perusahaan di Indonesia yang sudah menerapkan pedoman (K3) dari 211.532 perusahaan yang ada. 
 
"Perusahan atau industri mengikutsertakan tenaga kerjanya menjadi anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan," ujar Bambang kepada wartawan di Jakarta, Jumat (14/12/2018). 
 
Selanjutnya Bambang mendorong Kemenaker untuk meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan dan implementasi Peraturan Menteri No. 5 tahun 2018 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Kerja. 
 
"Memberikan sanksi kepada perusahaan yang tidak mematuhi Permen tersebut sesuai dengan UU No. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, guna mencegah terjadinya kecelakaan di tempat kerja," tegasnya. 
 
Bambang menambahkan, pihaknya mendorong Kemenaker melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Ditjen Binwasnaker & K3) bersama perusahaan untuk melakukan pembinaan terhadap para pekerja.
 
"Agar mereka mengetahui hak dan kewajibannya dalam bekerja, menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif, serta lebih memperhatikan keselamatannya dan cepat tanggap apabila terjadi kecelakaan di tempat kerja," jelasnya.