BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Bali United pada laga uji coba di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (17/3/2019). Merujuk jadwal, pertandingan ini merupakan ujian terakhir bagi pasukan Indra Sjafri sebelum mentas di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Adapun babak kualifikasi bakal digelar pada 22-26 Maret 2019 di Vietnam.

Timnas Indonesia U-23 tampil di kualifikasi dengan kepala tegak. Pasallnya, Osvaldo Haay dan kawan-kawan baru saja menjadi juara Piala AFF U-22 Februari lalu. Di partai final, Indonesia mengandaskan perlawanan Thailand dengan skor 2-1.

Pada babak kualifikasi ini ada hal yang menarik. Yang mana, tim-tim yang akan dihadapi Timnas Indonesia U-23 adalah lawan-lawan yang telah mereka kalahkan di Piala AFF U-22.

Selain disebutkan di atas tadi yaitu Thailand, Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Brunei Darussalam dan tuan rumah Vietnam. Adapun nama tim terakhir yang disebutkan kalah dari Timnas Indonesia U-23 pada babak semifinal Piala AFF U-22 dengan skor 0-1.

Selepas mengondol Piala AFF U-22 di Tanah Kamboja, Timnas Indonesia U-23 langsung menggeber persiapan. Pelatih Indra Sjafri memanggil tujuh pemain baru yang digabungkan dengan 23 pemain jebolan Piala AFF U-22.

Adapun empat di antaranyaadalah muka baru seperti Febby Eka Putra, Mahir Radja Djamaoedin, TM Ichsan dan Kadek Raditya. Tiga pemain lain cukup populer yakni Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Ezra Walian. Sejak tanggal 4 Maret 2019, Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan di dua tempat yaitu Lapangan ABC dan Stadion Madya, Kompleks GBK, Senayan, Jakarta.

Selama pemusatan latiham, Timnas Indonesia U-23 mendapatkan lawan uji coba yaitu Semen Padang. Hasilnya, Garuda Muda bermain imbang 2-2. Hasil yang bisa dibilang tidak jelek-jelek banget. Pasalnya, Tim Kabau Sirah bermain dengan sejumlah pemain berusia di atas 23 tahun.

Meski demikian, Indra Sjafri menegaskan hasil bukan target utama dalam uji coba tersebut. Laga uji coba kontra Bali United akan dijadikan Indra Sjafri sebagai ajang pemantapan tim dan memilih 23 pemain yang akan diboyong ke Kualifikasi Piala AFC U-23 2020.

"Menang kalah bukan tujuan utama dalam uji coba. Yang penting, tim ini dari hari ke hari berkembang dan itu yang lebih penting. Setelah pertandingan akan langsung saya umumkan 23 pemain yang berangkat ke Hanoi," kata Indra Sjafri.

Sementara itu, pelatih Stefano Cugurra Teco, menyambut antusias laga uji coba melawan Timnas Indonesia U-23. Menurut Teco, laga ini bisa dijadikan ajang menurunkan pemain-pemain muda yang tak mendapatkan waktu bermain di Piala Presiden 2019.

"Saya akan menurunkan pemain yang tidak banyak bermain di Piala Presiden. Saya harus memberikan kesempatan bagi pemain Bali United untuk menunjukkan kualitasnya," ucap Teco.