BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Indonesia U-22 akan berhadapan dengan Thailand U-22 di partai final Piala AFF U-22 2019. Duel tersebut bakal digelar di Stadion Olimpic, Phnom Penh, Selasa (26/2/2019).

Garuda Muda lebih dulu sampai di partai final setelah menumbangkan Vietnam di babak semifinal dengan skor 1-0. Muhammad Luthfi menjadi pahlawan setelah golnya lewat tendanfan bebas tak mampu dibalas Vietnam.

Sementara itu, Tim Gajah Putih menyusul usai mengalahkan tuan rumah Kamboja melalui tendangan adu penalti 5-3. Pertandingan antara Thailand dan Kamboja berjalan ketat sejak menit awal. Kamboja yang bertindak sebagai tuan rumah mampu memberikan perlawanan kepada tim unggulan tersebut hingga waktu normal.

Pada babak tambahan waktu, Kamboja dan Thailand juga bermain seimbang. Tak ada satu gol pun tercipta hingga akhirnya pemenang harus ditentukan lewat adu penlati.

Kamboja mendapat kesempatan untuk menendang lebih dahulu dan sukses menjebol gawang Thailand. Saringkan Promsupa sebagai penendang pertama Thailand menyamakan skor. Kamboja gagal menambah skor setelah bola hasil eksekusi Sin Kakada mendarat tipis di atas gawang. Thailand kembali memimpin 3-1.

Kamboja akhirnya mengejar setelah eksekusi N. Kakada masuk ke gawang Thailand. Skor 3-2. Korawich Tasa membawa Thailand memimpin 4-2. Skor menjadi 4-3 setelah penendang kelima Kamboja sukses. Thailand memastikan kemenangan setelah penendang terakhir sukses mengeksekusi penalti.

Indra Sjafri Termotivasi

Kepastian Timnas Indonesia U-22 ke babak final merupakan kesempatan kedua bagi Indra Sjafri. Partai final pertama yang dialami pelatih asal Sumatera Barat itu ketika menangani Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2013.

Ketika itu, Indra Sjafri sukses membawa Indonesia U-19 mencatatkan sejarah dengan meraih juara setelah mengalahkan Vietnam dengan tendangan adu penalti 7-6. Dari skuat saat itu, yang masih masuk dalam timnas U-22 saat ini adalah Awan Setho Raharjo dan Dimas Drajad.

Pada final kedua ini, Indra Sjafri mengaku termotivasi mengulang kembali kejayaanya di Asia Tenggara. "Target pertama lolos grup. Grup B merupakan grup ketat, lalu target kedua kami kemarin lolos ke final, dan terakhir kami ingin bawa pulang Piala AFF," tegas Indra Sjafri.