BREAKINGNEWS.CO.ID - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melepas Timnas Pelajar U-12 untuk mengikuti pertandingan di Cina dengan tajuk Dreams Come True International Football Tournament yang akan diselenggarakan pada 17 - 22 Juli 2018. Turnamen tersebut diiukuti oleh 15 negara yang berasal dari Asia, Australia, Eropa Timur dan Eropa Tengah. Adapun Indonesia diwakilkan oleh Akademi Persib Bandung yang telah memenangkan turnamen sepak bola U-12 level nasional pada Januari sampai juni 2018.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, mengatakan para pelajar tersebut sudah siap dari segi teknis maupun non teknis untuk bertanding di Cina. Dia juga mengharapkan, pada turnamen tersebut, para calot atlet juga membawa nama baik Indonesia serta menginformasikan bahwa anak-anak Indonesia bebas dari narkoba, sebagai mana yang menjadi program pemerintah melalui Kemenpora.

"Mereka adalah anak-anak terbaik Indonesia yang sudah kami persiapan sebelumnya. Dan mereka sudah siap seluruhnya. Oleh karena itu, kita lepas hari ini. Mereka juga kita tekankan untuk memperlihatkan kepada dunia internasional bahwa anak-anak/pelajar Indonesia selain memeiliki skil sepak bola, juga memiliki attitude yang baik, semangat juang, respek kepada sesama, dan yang paling penting adalah anak-anak kita bebas dari bahayanya narkoba," kata Isnanta ditemui di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Sementara itu, Direktur Keuangan PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahyono, mengaku bangga dengan keberhasilan pemain mudanya mewakili Indonesia di level internasional. "Ini seperti yang sudah kita rencanakan. Syukur bisa lolos mewakili Indonesia. Ini memang program jangka panjang Persib. Yang mana mudah-mudahan anak-anak ini menjadi cikal bakal pemain Persib senior di masa mendatang.

Di sisi lain, turnamen di Cina ini sangat menarik karena memberikan kesempatan kepada bibit-bibit pemain sepak bola usia muda di Tanah Air untuk dapat bertanding dengan skala internasional. Apabila pemain Timnas/Pelajar ini beruntung dan memiliki kemampuan lebih akan mendapatkan bea siswa gratis (pendidikan formal dan sepak bola) selama empat tahun di salah satu klub besar Inggris yakni Leicester City. Karena, talent scouting dari Leicester turun langsung saat kompetisi berlangsung.