BREAKINGNEWS.CO.ID –Latihan perdana Timnas Indonesia di bawah penanganan pelatih Bima Sakti dilakukan Jumat (2/11/2018) pagi di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Semua pemain menjalani latihannya dengan serius, tidak banyak terlihat canda tawa. 

Latihan tersebut sekaligus juga menjadi debut Bima Sakti sebagai pelatih kepala di Timnas Indonesia, yang bersiap menghadapi Piala AFF 2018. Sebelumnya, skuad Merah Putih dilatih oleh Luis Milla Aspas. Belakangan PSSI tidak memperpanjang kontrak mantan pelatih timnas U-21 Spanyol itu, dan menetapkan Bima Sakti untuk langsung menukangi Timnas Indonesia.

Latihan perdana di Stadion Wibawa Mukti Cikarang dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Dari 23 pemain yang dipanggil, hanya gelandang Saddil Ramdani yang belum bergabung. 

Menu latihan diawali dengan pemanasan, berlanjut ke latihan penguasaan bola bagi para pemain serta reaksi bagi penjaga gawang. Penguasaan bola dengan beragam variasi mendapat porsi paling banyak di latihan perdana ini. Untuk memantapkan penguasaan bola, para pemain menjalani latihan operan selama hampir setengah jam. Dalam latihan umpan para pemain tidak hanya diam, tetapi juga sambil bergerak dari satu titik ke titik lain yang sudah ditetapkan.

Tidak hanya itu, para pemain juga melakukan rondo (metode latihan yang digunakan pada hampir seluruh level) atau kucing-kucingan dengan jumlah pemain yang banyak. Sepuluh orang membentuk kotak dan delapan orang pemain memakai rompi berada di dalamnya. Delapan orang tersebut berusaha merebut bola yang dikuasai 10 pemain yang tidak mengenakan rompi, tanpa keluar dari kotak. Latihan ini berlangsung selama sekitar 15 menit. Sementara itu, tiga penjaga gawang yaitu Andritany Ardhiyasa, Muhammad Ridho, serta Awan Setho berlatih reaksi dari tendangan jarak dekat. Para pemain tampak sedikit bercanda dalam latihan tersebut, dan fokus mendengar instruksi pelatih.

Di saat yang lainnya berlatih bersama Bima, gelandang Stefano Lilipaly berlatih terpisah bersama dengan staf pelatih lainnya. Pemain Bali United itu terlihat seperti sedang pemulihan cedera pergelangan kaki yang sempat dia derita beberapa waktu terakhir ini.

Setelah 45 menit, Timnas Indonesia berlatih taktik menyerang dalam setengah lapangan secara tertutup. Dalam sesi ini para pemain juga melakukan gim internal.