BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Basket Putra Indonesia berharap dukungan maksimal dari suporter saat pertandingan Asian Games 2018. Meskipun menghadapi jalan berliku Indonesia optimistis mampu keluar dari lubang jarum dan melangkah ke fase knock-out. Timnas Basket Indonesia tergabung di Grup A bersama juara bertahan Korea Selatan, Mongolia, dan Thailand.

Pada pertandingan pertama, Timnas Basket Indonesia langsung menjajal kekuatan Korea Selatan pada 12 Agustus 2018 di Hall Basket Gelora Bung Karno. Pelatih Fictor Roring berharap timnya mendapat dukungan dari suporter selama bertarung di Asian Games. "Untuk suporter Indonesia, saya harap memberikan dukungan 100 persen nonton langsung. Itu yang kami butuhkan. Penuhi itu venue di sana. Mudah-mudahan segala sesuatu itu tak ada yang tak mungkin," ucap Fictor Roring.

Sementara itu, nada optimistis digaungkan oleh kapten Timnas Baskes putra Indonesia, Xaverius Prawiro. Menurutnya, Indonesia memiliki peluang untuk lolos ke babak selanjutnya. Meskipun demikian, Xaverius tak menampik calon lawan timnya itu berbeda level. Adapun untuk Mongolia mereka buta kekuatan, sedangkan menghadapi Thailand ada peluang untuk menang.

"Di Grup A yang kekuatannya setara dengan kami adalah Thailand, sedangkan Mongolia itu kami tidak tahu. Korea Selatan berada dua level di atas kami. Untuk Thailand, kami punya kans untuk mengalahkan mereka karena kekuatan mereka dengan kami itu setara," kata Xaverius. "Pastinya kami hanya ingin memberikan yang terbaik saja di Asian Games nanti. Peluang untuk lolos grup sih masih terbuka. Kalau Tuhan berkehendak, tentu kami akan lolos," tegas penggawa Pelita Jaya itu.

Persiapan Maksimal

Timnas bakset sudah melakukan training camp di Amerika Serikat untuk persiapan Asian Games. Setelah itu, Xaverius dan kawan-kawan juga mengikuti turnamen di Thailand dan Chinese Taipei. Demi memantapkan persiapan, timnas bakset Indonesia melakukan uji tanding melawan Pelita Jaya dan Satria Muda di GOR Soemantri Brodjonegoro, Selasa (7/8/2018). Pada laga tersebut, mereka sukses meraih kemenangan dengan skor 113-75.

Berikut 12 nama pemain skuat Timnas Basket Putra Indonesia untuk ajang Asian Games 2018:

Arki Dikania Wisnu
Adhi Pratama Prasetyo Putra
Xaverius Prawiro
Kaleb Ramot Gemilang
Jamarr Andre Johnson
Andakara Prastawa Dhyaksa
Kevin Yonas Argadiba Sitorus
Valentino Wuwungan
Sandy Febiansyakh Kusuma
Ponsianus Nyoman Indrawan
Firman Dwi Nugroho
Abraham Damar Grahita