BREAKINGNEWS.CO.ID-Tim panelis fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) pemilihan calon wakil gubernur DKI Jakarta direncanakan akan mengumumkan hasil dari focus grup discussion (FGD) yang dilakukan pada Minggu (3/2/2019) lalu.

Pengamat politik Ubedilah Badrun yang juga menjadi salah satu anggota tim panelis menuturkan bahwa hasil FGD antara ketiga cawagub dan beberapa tokoh sudah dirangkum menjadi satu dan siap diumumkan esok hari.

“Kami berharap momen itu disaksikan oleh perwakilan peserta FGD. Insya Allah ini dilakukan hari Jumat tgl 8 Februari besok,” ujarnya saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Pertemuan besok juga untuk mengkonfirmasi penilaian tim panelis kepada para cawagub, hal itu perlu dilakukan karena sebagai salah satu syarat memenuhi standar fit and proper test dari seluruh indikator yang telah ditetapkan secara ilmiah dan profesional.

Ubedilah tidak menampik kalau ketiga kandidat usungan PKS merupakan dari kalangan terpelajar sehingga kapasitasnya memenuhi syarat sebagai pemimpin. Meskipun demikian ada beberapa sejumlah pertanyaan bakal dilontarkan untuk ketiga kandidat untuk memastikan apakah layak sebagai cawagub.

“Sudah mulai keliatan, tapi kami terikat oleh etika sebagai panelis yang tidak diperkenankan membocorkan hasilnya kepada publik sampai semua proses selesai,” terang dia.

Ia pun senada dengan kedua partai pengusung yaitu Gerindr dan PKS bahwa target penyelesaian fit and proper test jatuh pada Minggu (10/2/2019) dan tahap selanjutnya bisa diserahkan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

“Iya betul, targetnya tanggal 10 Februari sudah ada nama yang kami rekomendasikan,” tutup Ubedilah.