BREAKINGNEWS.CO.ID-Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memberangkatkan sejumlah tim medis untuk membantu korban akibat bencana alam gempa bumi dan tsunami di Pali, Sulawesi Tengah. Berdasarakan laporan tim Tanggap Ibu Kota, sejak diberangkatkan hingga saat ini tim medis sudah melakukan penyelamatan yakni melakukan tindakan operasi terhadap belasan korban.

Di mana tim dokter itu terdiri dari 22 personel mendirikan rumah sakit darurat di kawasan RS Wirabuana, Palu Timur.

Koordinator Tim Dokter Tanggap Ibu Kota Pemprov DKI Jakarta Dokter Arsanto Triwidodo memaparkan upaya timnya dalam menyiapkan rumah sakit darurat yang terbilang lengkap dari segi medis di tengah keterbatasan sumber daya pasca bencana.

“Saya kontak terus untuk cari lokasi paling bisa memungkinkan kita mendirikan rumah sakit darurat dan RS Wirabuana ini kandidat paling memungkinkan di tengah hancurnya beberapa fasilitas rumah sakit di Kota Palu, terlebih mereka memiliki genset dan air bersih untuk keperluan sterilisasi,” terangnya, Sabtu (6/10/2018).

Arsanto mengatakan, ketika tiba di Palu ia bersama tim langsung bergerak cepat dengan berkoordinasi bersama Kepala Rumah Sakit yang saat itu memang membutuhkan tenaga medis, lantaran beberapa tenaga medisnya terpaksa harus mengurus keluarganya yang juga terdampak gempa.

“Awalnya berantakan sekali pasca gempa dan barang berserakan. Untungnya, kami kerjakan dengan cepat dan bisa bikin rumah sakit kecil lengkap, sehingga hari Kamis (4/10/2018) rumah sakit darurat ini dapat beroperasi,” katanya.

Setelah melakukan koordinasi, para korban yang sebelumnya hanya mendapat tindakan rawat inap itu langsung mendapat tindakan operasi. Sebelum tim datang memang diakui tenaga medis sangat minim sehingga tidak semua para korban bisa tertangani dengan baik yakni operasi. Tidak sedikit korban mengalami patah tulang akibat tertiban runtuhan dari bangunan.

“Hari pertama kita melayani 7 korban gempa dan hari ini 7 juga, per hari ini ada 12 yang sudah ditangani, dan terus berdatangan. Kebanyakan kami lakukan operasi penanganan patah tulang. Selain itu, kami juga membantu beberapa tindakan persalinan,” ujar dia.