BREAKINGNEWS.CO.ID - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) gulat yang sekaligus menjadi ajang Pra Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2019 sudah berakhir, Selasa (5/11/2019) di GOR Otista, Jakarta Timur, tim gulat Jawa Timur berhasil keluar sebagai juara umum.

Tim gulat Jatim secara keseluruhan merebut total 17 medali dengan rincian 6 medali emas, 5 medali perak dan 6 medali perunggu.

Posisi kedua ditempati Kalimantan Timur (Kaltim) dengan raihan 5 medali emas, 3 medali perak, 6 medali perunggu kemudian diikuti Jawa Barat (Jabar) di urutan ketiga setelah meraih 2 Medali emas, 3 medali perak dan 4 medali perunggu.

Kalimantan Selatan menyusul di tempat keempat dengan raihan 2 medali emas, 1 medali perak, 5 medali perunggu posisi kelima diraih oleh Sumatera Barat (Sumbar) setelah sukses mengantongi 1 medali emas, 1 medali perak, 4 medali perunggu.

Banten yang hadir dengan 9 atletnya berada di posisi keenam dengan meraih 1 medali emas, 1 medali perak dan 3 medali perunggu.

Sementara tuan rumah DKI Jakarta harus puas di posisi ketujuh dengan merebut 1 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu.

Kejurnas yang bertujuan untuk menjaring atlet menuju PON XX 2020 Papua itu berlangsung sejak 2 November hingga 5 November 2019 malam, ditutup langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PB PGSI), Trimedya Panjaitan.

Dalam kejurnas yang diikuti oleh 24 Provinsi ini diwarnai kejutan di mana Sumatera Utara (Sumut) yang selama ini menjadi salah satu kekuatan gulat nasional, tidak berhasil meloloskan atletnya ke PON 2020.

Trimedya Panjaitan sebelum menutup Kejurnas/Kualifikasi Gulat PON 2020 menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengprov-pengprov yang telah mengirim atletnya di Kejurnas ini.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini juga berpesan agar atlet atau Provinsi yang belum bisa meloloskan atletnya di PON 2020 agar jangan berkecil hati.

Kepada Ketua Panpel Kejurnas/Kualifikasi Gulat PON 2020,  Steven Setiabudi Musa, Trimedya juga menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya karena telah sukses menggelar kegiatan ini.

”Saya ucapkan terima kasih kepada Pengprov PGSI DKI khususnya Bung Steven yang sudah bekerja keras mensukseskan Kejurnas dan Pra-PON 2019 ini,” ujar Trimedya yang didampingi oleh Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) PB PGSI, Gusti Randa.