BREAKINGNEWS.CO.ID – Tim debutan kompetisi futsal Liga Mahasiswa (LIMA) Futsal l: Blibli.com West Java Conference Season 7 memulai laga mereka dengan hasil positif.

Pada laga hari pertama, Senin (7/10/2019) di Mayasari Sport Hall, Tasikmalaya,itu, pendatang baru Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi (IKIP Siliwangi) Bandung yang bertanding di pul A, mampu mengimbangi Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung dengan skor 3-3.

Pada babak pertama, IKIP Siliwangi sempat tertinggal satu gol. Uninus mengantungi dua gol dari salah satu pemain cadangannya, Deni Muhamad Ramdani, sedangkan IKIP Siliwangi menghasilkan satu gol lewat tendangan Wahyuddin ke sisi pojok gawang lawan. Sang debutan menambah dua gol di babak kedua. Gol tersebut membuat IKIP Siliwangi mengakhiri pertandingan dengan imbang.

Tak hanya IKIP Siliwangi, debutan lain, STIE Indonesia Membangun (STIE Inaba) bahkan mampu meraih kemenangan di laga pertama mereka saat berhadapan dengan STKIP Pasundan, Cimahi, dengan skor 4-3.

STIE Inaba sempat tertinggal satu poin pada babak pertama, namun berhasil membalikkan keadaan dengan menambah tiga gol pada babak kedua hingga keluar sebagai pemenang 

Skor STIE Inaba dan STKIP Pasundan sempat imbang hingga menit ke-37. Namun, Hajar Jabaludin menambah gol yang menjadi penentu kemenangan untuk STIE Inaba pada menit ke-38.

Perwakilan IKIP Siliwangi dan STIE Inaba sama-sama mengungkapkan rasa syukurnya dengan hasil di pertandingan ini. “Alhamdulillah kami bisa mengimbangi permainan lawan. Ini merupakan laga pertama kami di kompetisi LIMA. Jadi, mereka masih beradaptasi lebih dulu di lapangan. Kami ingin menunjukkan bahwa meskipun tim debutan, kami bisa memberikan dan menampilkan permainan yang baik untuk kebanggan kampus,” kata Wildan Nasrul Sidik, pelatih IKIP Siliwangi.

Bangkit Nugraha, manajer STIE Inaba, juga menyampaikan, “Ini pertandingan pertama kami di Liga Mahasiswa. Meski berakhir dengan skor tipis, kami bersyukur bisa memenangi pertandingan. Pada babak pertama anak-anak sempat gugup, tetapi mereka bangkit di babak kedua. Sebagai tim debutan, kami ingin menunjukkan eksistensi di dunia futsal. Kami ingin orang lain tahu bahwa STIE Inaba ada sehingga dapat menaikkan pamor kampus. Ke depannya, kami akan mencoba membuat anak-anak bermain lebih tenang sehingga bisa memenangi pertandingan lagi,” kata

Sementara itu, Uninus dan STKIP Pasundan masih yang memiliki peluang, akan berusaha kembali di pertandingan laga kedua mereka setelah melakukan evaluasi dari pertandingan hari ini. “Kami terkejut dengan permainan IKIP SIliwangi yang merupakan tim debutan di kompetisi LIMA ini. Saya akui bahwa semangat mereka lebih dari tim kami. Saya akan meningkatkan mental anak-anak karena mereka sempat down saat lawan bisa menyamakan skor. Kami akan memperbaiki kesalahan-kesalahan hari ini di pertandingan selanjutnya,” ungkap ofisial Uninus, Rian Apriansyah.

“Student-athlete kami masuk kampus dengan beasiswa. Jadi, mereka harus menunjukkan rasa semangat bertandingnya untuk memperlihatkan kepada kampus bahwa mereka layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut,” tambah Rian.

Sama seperti Uninus, pelatih STKIP Pasundan, Jaka Purwakusumah, juga mengaku akan meningkatkan permainan di laga selanjutnya. “Pertandingan pertama ini cukup sulit bagi kami. Namun, saya tetap mengapresiasi permainan anak-anak. Secara permainan, saya sebagai pelatih cukup puas, tetapi dari hasil kurang memuaskan karena dapat memberatkan kami untuk ke depannya. Para pemain sangat ingin mengharumkan nama kampus di kompetisi LIMA ini untuk meneruskan prestasi yang telah diraih para seniornya. Oleh karena itu, kami akan berusaha semaksimal mungkin di pertandingan selanjutnya,” ujarnya.

Dengan hasil ini, STIE Inaba mengisi puncak klasemen Pul A, diikuti oleh Uninus di posisi kedua dan IKIP Siliwangi di peringkat ketiga. STIE Inaba akan menjalani laga kedua untuk melawan Uninus, sedangkan IKIP Siliwangi akan berhadapan dengan Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya. Kedua laga tersebut akan digelar pada Selasa (8/10). STKIP Pasundan yang berada di dasar klasemen akan berlaga kembali pada Rabu (9/10) untuk melawan IKIP Siliwangi.