BREAKINGNEWS.CO.ID - Langkah Tim Basket Putri Indonesia terpaksa harus terhenti di babak penyisihan cabang olahraga Basket 3x3 World Beach Games 2019. Dalam pertandingan terakhir Grup B yang digelar di Katara Beach Doha, Qatar,  Selasa (15/10/2019) pukul 16.40 waktu setempat atau 20.40 WIB, Joavita Elizabeth dan kawan-kawan dipaksa mengakui keunggulan Tim Basket Putri Cina dengan skor 21-10. 

Kekalahan ini sekaligus menutup peluang Srikandi Merah Putih melaju ke babak berikutnya. Sedangkan Cina yang tampil tanpa terkalahkan dalam tiga laga langsung memposisikan sebagai juara Grup B. 

"Boleh disebut laga melawan Cina itu merupakan penampilan terbaik Tim Basket Putri Indonesia. Mereka sudah bisa menjalankan instruksi yang diberikan dengan baik," kata Pelatih Tim Basket Indonesia, Anthony Gunawan yang ditemui usai perrandingan. 

Hanya saja, kata Anthony, kemampuan memaksa Lingge Zhang dan kawan-kawan melakukan penetrasi dengan no help defence tidak bisa dipertahankan sepanjang pertandingan. 

"Anak-anak hanya mampu menjalankan intruksi dalam lima menit pertandingan di mana laju perolehan angka Cina bisa ditekan dengan selisih 2 poin. Setelah itu, pemain Cina merajala dan laju poinnya tak bisa dihentikan," jelasnya. 

Penyebab tidak berjalannya instruksi sepanjang pertandingan, kata Anthony, lebih disebabkan kondisi fisik pemain yang kurang mendukung. "Ini menjadi pelajaran berharga bagi pemain bahwa betapa pentingnya dukungan kondisi fisik yang prima. "Konsistensi itu hanya bisa dipertahankan selama pertandingan dengan dukungan fisik yang prima," tandasnya.