BREAKINGNEWS.CO.ID -  Ganda senior Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan harus tersingkir dari  turnamen  bulutangkis China Open  bersama dua wakil Indonesia lainnya usai takluk dari lawan-lawan mereka pada perebutan tiket semifinal, Jumat (8/11/2019).

Hendra/Ahsan terhenti ditangan ganda Malaysiia  Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia), dengan skor 13-21, 20-22.  Pasangan ini tak mampu menyusul  Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon ke babak semifinal sebelumnya sudah memastikan diri lolos ke babak empat besar tersebut.

Pada laga berdurasi 26 menit tersebut, Hendra/Ahsan memang sering berada dalam tekanan lawan, terutama dari permainan depan yang begitu dikuasai Chia/Soh.  “Mereka pemain bagus, kami ke-blok terus, kami terlalu banyak ‘angkat bola’ jadinya kena serang terus,” kata Hendra yang ditemui usai pertandingan.

“Pengaruh pertandingan kemarin pasti ada, kondisi menurun. Tapi kami sudah berusaha, terutama di game kedua, sayangnya belum bisa. Dibanding pertemuan sebelumnya, mereka tampil kurang lebih sama, tapi kami yang beda. Hari ini lebih banyak ketekannya, lebih banyak telatnya,” jelas Ahsan yang bersama Hendra di babak kedua melewati laga sengit melawan Zhang Nan/Ou Xuan Yi (Tiongkok) yang berakhir dengan skor dramatis,

“Mereka memang bagus ya, dari sebelum-sebelumnya juga sudah bagus mainnya. Cuma mungkin mereka masih belum stabil saja,” tambah Hendra ketika ditanya soal lawan.

Kondisi serupa juga dialami pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Keduanya terhenti di tangan wakil Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashin  dengan skor 15-21, 18-21.

Ini merupakan kekalahan pertama Praveen/Melati atas ganda campuran asal Jepang tersebut. Dalam dua pertemuan sebelumnya, Praveen/Melati berhasil memenangkan pertandingan.  “Dari awal sampai akhir pertandingan, kami selalu dibawah tekanan lawan. Saat sudah leading di game kedua, kami mau membalikkan keadaan tapi belum bisa,” jelas Melati soal pertandingan.

“Yuta/Arisa nggak gampang dimatikan, ditambah lagi bolanya berat. Ada beberapa pukulan yang tadi harusnya mati, tapi mereka bisa mengembalikan,” lanjut Melati.

Sementara itu, tunggal putra Jonantan Christie juga belum berhasil melangkah ke semifinal setelah dikalahkan Anders Antonsen (Denmark), dengan skor 16-21, 11-21. 

Dengan demikian, pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang ke babak semifinal berkat kemenangan yang diraih dari   Mark Lamsfuss/Marvin Seidel (Jerman), dengan skor 21-14, 21-19.