BREAKINGNEWS.CO.ID - Tiga pebulutangkis tunggal putri Indonesia melaju ke babak 16 besar  Kejuaraaan Dunia Bulutangkis Junior 2019.

Wakil pertama yang lolos adalah Putri Kusuma Wardani yang mengalahkan Amy Tan (Belanda), dengan skor 21-12, 21-7.  Yasnita Enggira Setiawan mengekor langkah Putri dengan menundukkan wakil Denmark, Frederikke Lund, lewat permainan tiga game, 18-21, 21-9, 21-8.  Sementara tempat ketiga direbut Stephanie Widjaja usai menang dari Rachel Chan (Kanada), dengan skor 19-21, 21-18, 21-12.

"Di game pertama saya kehilangan fokus, padahal sudah unggul jauh. Saya juga masih kurang yakin di game pertama, dia pukulan-pukulannya cukup bagus," kata Stephanie usai pertandingan di Kazan, Armenia, Rabu (9/10/2019).

"Tapi di game kedua saya coba lagi, saya lihat pergerakan lawan agak susah kalau ritme mainnya cepat, jadi saya ajak main cepat. Pada game kedua, saya main lebih tenang dan nothing to lose saja. Yang paling penting itu jaga fokusnya, kadang fokusnya hilang mungkin karena tegang di lapangan," lanjut Stephanie.

Pada perebutan tiket perempat final, Stephanie akan bertemu dengan Vivien Sandorhazi dari Hungaria.  Fokus di lapangan menjadi hal utama yang harus diperhatikan Stephanie dalam laga besok.

Ganda Putra

Sukses sama juga dibukukan oleh pasangan ganda putra Bernadus Bagas Kusuma Wardana/Dwiki Rafian Restu berkat kemenangan  atas Tony Lindelof/Joakim Oldorf (Finlandia), dengan skor 21-14, 21-9.

Menang relatif mudah, Bernadus/Dwiki hari ini lebih banyak memanfaatkan pertandingan untuk mempersiapkan diri di babak 16 besar. Mereka akan berjumpa dengan lawan yang lebih berat yaitu pasangan Jepang, Takuma Kawamoto/Tsubasa Kawamura.  "Hari ini lawannya belum berat, jadi pertandingan hari ini lebih ke penyesuaian lapangan dulu, nyesuain permainan juga," kata Dwiki.

"Memang belum ketemu kendala, tapi kami mau mempersiapkan diri untuk pertandingan besok ketemu pasangan Jepang, mereka lawan yang berat," ujar Bernadus.  "Pemain Jepang itu ulet, nggak mudah dimatikan, kami harus sabar. Kami sudah berpasangan dari kecil, dari usia kami 15 tahun, jadi kami sudah saling mengerti kebiasaan masing-masing dan besok kami lebih utamakan ke ketahanan fokusnya," ujar Bernadus.

Sementara itu, ganda putra unggulan kedua, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga melaju ke babak 16 besar setelah mengalahkan wakil Malaysia, Ching Kai Feng/Lwi Sheng Hao, dengan skor 21-11, 21-19.