JAKARTA – Sebuah bus penumpang terbakar setelah bertabrakan dengan bus di Turki baru-baru ini, menewaskan sebanyak 13 orang serta 20 orang lainnya mengalami luka-luka. Beberapa anak-anak termasuk di antara para korban tewas.

Kantor berita Turki, Anadolu Agency, Selasa (13/3/2018) memberikan laporan, bus yang bertolak dari kota Istanbul menuju kota Tokat di Turki utara itu, menabrak truk di provinsi Corum pada Selasa dini hari waktu setempat. Tim medis serta mobil-mobil pemadam kebakaran telah dikerahkan ke lokasi kejadian.

Dalam peristiwa tersebut, bus penumpang saat ini sudah tinggal rangka yang hangus akibat kebakaran yang terjadi usai tabrakan. Kantor gubernur setempat mengatakan, truk itu sedang parkir di bahu jalan ketika ditabrak oleh bus penumpang. Penyelidikan atas insiden ini tengah dilakukan. Wali kota setempat, Hamza Karatas menuturkan kalau anak-anak termasuk di antara korban tewas. Akan tetapi dia tidak menyebutkan jumlahnya secara rinci.

Menurut seorang korban luka, Emine Gungor yang diselamatkan bersama bayinya, para penumpang bus sedang tidur ketika kecelakaan terjadi. "Hanya saya yang terbangun dan saya sedang mengurus anak saya," ujar wanita itu seperti dikutip Anadolu Agency. "Kemudian saya mendengar suara ledakan dan semua jendela pecah, dan bus mulai bergoncang. Bagian belakang kendaraan mulai terbakar," katanya.

Menurut data resmi yang dirilis media pemerintah, Turki memiliki catatan keselamatan jalan raya yang sangat buruk, dengan hampir 500 ribu kecelakaan dan 3.530 orang tewas pada tahun 2017.