BREAKINGNEWS.CO.ID - Setelah melewati beberapa kota di Indonesia kirab obor Asian Games 2018 melewati wilayah Timur Indonesia. Saat ini kirab api obor Asian Games itu sudah sampai di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Raja Ampat dipercaya sebagai salah satu lokasi persinggahan pawai obor pada Kamis dan Jumat besok.

Potensi wisata bahari Raja Ampat akan jadi bagian dari rangkaian 54 kabupaten/kota di 16 provinsi di Indonesia yang akan dilalui obor Asian Games.

"Jadi kami di daerah sudah rapat dua kali dengan panitia pusat Asian Games (Inasgoc). Seluruh stakeholder mendukung kegiatan api Asian Games itu di Raja Ampat," ungkap Anggota Inasgoc Yusdi Lamatenggo di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC), dikutip dari facebook Kemenpar.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengatakan, Obor Asian Games tidak salah bila singgah ke Raja Ampat. Keindahan alam Raja Ampat gaungnya sudah mendunia. Tidak kalah dengan Maldives. Demikian juga destinasi underwaternya. CNN travel dan TripAdvisor selalu menempatkan Raja Ampat sebagai the best dive site, the best snorkel site yang meyakinkan.

“Raja Ampat potensinya luar biasa. Juara di dunia. Atraksinya juga oke. Tinggal memikirkan akses dan amenitas, agar standar dunia," jelas Arief Yahya.

Adapun Raja Ampat menjadi lokasi persinggahan obor Asian Games 2018 lanjutan setelah sebelumnya diarak di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Adapun acara Kirab Obor Asian Games 2018 di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, digelar pada Kamis (26/7/2018) mulai pukul 09.00 WIT. Rencananya obor akan diarak mengitari Kota Waisai yang menjadi ibu kota Raja Ampat.  Kegiatan itu dijadwalkan menyinggahi beberapa lokasi wisata Raja Ampat seperti Piaynemo dan Pantai Waisai Torang Cinta.

Beberapa nama tenar yang disebut ikut dalam prosesi membawa obor adalah artis Nadine Chandrawinata dan Ketua Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang juga mantan perenang nasional Richard Sam Bera.  Setelah acara di Raja Ampat, keesokan harinya,  Jumat (27/7), Kirab Obor akan berlanjut ke Kota Sorong, Papua Barat.