JAKARTA-Sebanyak 17 atlet/rider berkuda ketangkasan mengikuti kompetisi khusus nomor eventing yang digelar Jumat hingga Minggu (13-15/10/2017) ini.  

Eventing, atau trilomba, adalah salah satu disiplin dari equestrian yang dikompetisikan selama tiga hari, mencakup dressage (tunggang serasi), cross-country dan jumping (lompat rintangan). Kompetisi dressage digelar mulai pukul 08.30 WIB Jumat (13/10) pagi ini di Arthayasa Stable, Cinere.

Cross-country dilangsungkan Sabtu (14/10) di arena equestrian Pulomas, Jakarta Timur, di bekas arena pacuan kuda yang sudah direvitalisasi menjadi arena equestrian. Kompetisi jumping digelar Minggu (15/10), kembali ke Arthayasa Stable, Cinere.

Ini merupakan test-event menuju pentas equestrian Asian Games XVIII/2018 di Pulomas, Jakarta. Eventing menjadi salah satu nomor yang dikompetisikan, selain dressage dan jumping. Oleh karena itu test-event eventing ini disebut juga sebagai "Road to Asian Games 2018".

Test-event dari eventing ini wajib diikuti atlet/rider Indonesia yang selama ini mengkhususkan diri di nomor eventing. Pasalnya, pada test-event ini diterapkan peraturan baru dari Federasi Equestrian Internasional (FEI) mengenai Minimum Eligibility Requirement atau MER, yakni Persyaratan Kelayakan Minimal untuk eventing.

Albert Pelealu bersama Black Arrow

 

Oleh karena itu juga pada test-event ini dihadirkan dua juri dari FEI, yakni Sandra Bakker (Belanda) dan Peter Hansaghy.

Ke-17 rider peserta test-event eventing ini adalah Albert Pelealu (Universitas Budi Luhur/kuda Black Arrow), Yayat Subrata (Pegasus/Kabiala), Herdian Ramadhan (Aragon/Toar Esa), Rusman (Almor Stable/Dirballa W), Jojo Jonathan (Emporium/King Petra), Galih Rasiono (Andiga/Albatros), Jamhur Hatta (Detasemen Kavaleri Berkuda/Azalea), Jendry Palandeng (APM/APM Wastle), Anto Budiarto (Arthayasa/Favourita), Mia Arsjad (Emporium/Leslie), Andry Sutoyo (Aragon/Pramuda Wardhani), M.Akbar Maulana (Kurnia Stable/Autumn Spirit), Joko Susilo (Kurnia Stable/Zion), Iwan Saputra (Denkavkud/Leuser), Riko Ganda (Denkavkud), Alvaro Menayang (D'Riders/Esprit'D), Marco Wowiling (Pegasus Oxone/Blue Marin Oxone).

Bidang Equestrian PP Pordasi sudah memiliki 10 rider yang dinominasikan ke pelatnas eventing Asian Games XVIII/2018 ini. Namun, mereka tetap wajib mengikuti test-event ini karena penerapan standar MER dari FEI tersebut.