BREAKINGNEWS.CO.ID- Test Event Asian Para Games (APG) telah tuntas diselenggarakan. Ajang yang dilakukan sebagai  uji coba atau pemanasan bagi para atlet dan panitia pelaksana Pesta Olahraga Penyandang Cacat atau difabilitas (difabel) itu digelar pada 27 Juni hingga 3 Juli 2018 di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Ketua Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee (Inapgoc), Raja Sapta Oktohari, mengatakan ada beberapa catatan yang didapatkan supaya games times Asian Para Games pada 6-13 Oktober 2018 bisa berjalan lancar.

"Untuk pertandingan ini adalah hari terakhir. Tapi, besok, Rabu (4/7), akan ada upacara penutupan di para village, Kemayoran, Jakarta. Ada beberapa catatan dan masukan yang kami dapatkan pada test event ini, Di aquatic masalahnya adalah toilet portabel yang jumlahnya kurang banyak. Setelah ini kami akan evaluasi itu dan meminta lima pandangan dari atlet, pelatih, official, penonton dan jurnalis," kata Okto pada sesi jumpa pers di GBK, Selasa (3/7/2018).

Okto menambahkan, pada test event ini pihaknya juga menemukan satu kebiasaan baru dari para atlet wheelchair basket ball yang mana sehabis pertandingan tidak mau kembali ke para village atau wisma atlet di Kemayoran. "Kebanyakan mereka mengatakan tidak mau spekulasi dengan waktu. Sehingga banyak mereka yang tidur-tiduran di sana menggunakan kardus. Setelah itu kami mempelajari dan renancanya kita akan membuat area istirahat (paddock). Biasanya pada acara olimpiade dan Asian Para Games 2014 di Incheon, Korea Selatan satu pedok bisa diisi ole dua negara. Kami komitmen untuk memberikan layanan yang terbaik untuk atlet maupun official," beber Okto.

Setelah itu, lanjut Okto, penggunaan material di beberapa venue juga disebutkan bahwa terlalu licin. "Jadi, saya mnta mengevaluasi lebih dalam lagi. sehingga seperti yang sekarang ini tidak terjadi lagi," ucao Okto.

Maih Okto menuturkan, Inapgoc mengutamakan bisa sukses di pelaksanaan. Sehingga, harus bisa memberikan layanan yang terbaik untuk Asian Para Games 2018. Bukan hanya untuk Indonesia saja, tapi untuk seluruh peserta. Jadi, kami bekerja sama dengan dengan setiap stakeholder untuk bisa memberikan masukan," ucap Okto. Penutupan test event Asian Para Games akan dilaksanakan pada Rabu (4/7) di Villa Atlet Kemayoran, Jakarta.

Test event APG ini mempertandingkan lima cabang olahraga, yaitu atletik, bulutangkis, renang, tenis meja, dan bola basket kursi roda. Dari kelima cabang olahraga itu, tenis meja akan menjadi ajang kualifikasi untuk atlet difabel yang belum lolos ke Asian Para Games 2018.