JAKARTA - Sosok mayat laki-laki yang ditemukan di dalam toilet Stasiun Pengisiaan Bahan Bakar Umum (SPBU) dengan kondisi leher tergorok berinisial YR (32). YR diketahui sebagai warga sekitar pengidap gangguan kejiwaan.  Kapolsek Sukmajaya Kompol Roni Agus Wowor mengatakan, identitas korban diketahui setelah polisi meminta keterangan sejumlah saksi terkait kasus itu.

"Informasi keluarga diketahui bahwa korban adalah bernama YR, 37 tahun," kata Roni saat dihubungi, Rabu, (13/6/2018).  Hasil penyelidikan diketahui YR tewas karena bunuh diri. YR diduga nekat mengakhiri hidupnya dengan menyayat leher dengan sebilah pisau yang ditemukan di dalam toilet tersebut. "Iya bunuh diri," kata dia.

YR diduga mengakhiri hidupnya lantaran memiliki riyawat gangguan jiwa. Menurut keterangan keluarga, kata Roni, YR juga pernah melakukan percobaan bunuh diri pada 2016. "Korban punya gangguan jiwa. Menurut keluarga korban bahwa pada tahun 2016 korban pernah mencoba untuk bunuh diri dengan cara yang sama," kata Roni.

Gangguan Jiwa

Upaya berkali-kali aksi bunuh diri itu dapat digagalkan oleh salah satu anggota keluarga YR. Setelah itu, lanjut Roni, keluarga langsung membawa YR ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis. YR disebut sering menolak untuk menjalani pemulihan gangguan jiwa yang dialaminya.  "Setelah selesai perawatan baik lukanya maupun kejiwaannya korban selalu meminum obat penenang, namun sudah empat bulan terakhir korban tidak mau minum alasannya sudah enak," kata Roni.

Polisi telah menyerahkan jenazah YR ke keluarga agar secepatnya bisa dikebumikan. Mayatnya pertama kali ditemukan pengunjung wanita ketika hendak menggunakan toilet SPBU Jalan Kartini, Depok.  YR ditemukan dalam toilet SPBU Jalan Kartini, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (12/6/2018) malam. Penemuan mayat lelaki itu terungkap setelah seorang pengunjung wanita hendak menggunakan toilet SPBU. Namun, pengunjung SPBU itu terkaget setelah melihat darah berlumuran keluar dari pintu toilet.

Selanjutnya, saksi langsung melaporkan kejadian itu ke pengelola SPBU guna membuka paksa pintu toilet yang terkunci dari dalam. Sontak, petugas pun melihat ada sosok mayat laki-laki dengan posisi terlentang di dalam toilet. Kasus penemuan mayat itu pun langsung dilaporkan ke polisi.