BREAKINGNEWS.CO.ID – Kementerian ESDM menyediakan 65 formasi baru untuk  CPNS yang ingin berkarya di lembaga ini. Masa pendaftarannya secara daring (online)  sudah dibuka sejak  26 September hingga 10 Oktober 2018.

"Silahkan bagi yang mau mendaftar. Jangan lupa akses portal pendaftaran terlebih dahulu untuk pembuatan akun di laman https://sscn.bkn.go.id," kata Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM Upik Jamil di Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Ia meminta masyarakat yang mendaftar sebagai CPNS Kementerian ESDM memperhatikan secara cermat batas waktu akhir pendaftarannya. "Ingat, pendaftaran akan berakhir pada 10 Oktober 2018. Setelah tanggal itu, pelamar otomatis tidak bisa mendaftar," tegasnya.

Selain itu, Upik juga berpesan kepada pelamar untuk tidak mengabaikan alur tahapan pendaftaran, pemasukan data hingga persyaratan. "Ada beberapa mekanisme pendaftaran yang ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara yang terbilang baru, seperti mengunggah foto pendaftaran secara selfie (swafoto)," imbuh Upik.

Setelah pembuatan akun selesai, pendaftar segera diminta untuk mengunjungi laman cpns.esdm.go.id untuk melihat formasi yang ada.

 Berikut adalah jurusan yang dibutuhkan Kementerian ESDM pada CPNS 2018 yakni Desain Komunikasi Visual (S1), Ekonomi /Akuntansi /Manajemen (S1), Fisika/Teknik Fisika (S1 dan S2), Geografi/Geofisika (S1), dan Geologi/Teknik Geologi/Teknik.

Lalu, Jurusan Geofisika/Teknik Metalurgi (S1), Kartografi/Penginderaan Jauh (S1), Kimia/Teknik Kimia (S1 dan S2), Sistem Informasi/Ilmu Komputer/Manajemen Sistem Informasi/Teknologi Informasi (S1 dan S2), dan Teknik Elektro Arus Kuat/Teknik Tenaga Listrik/Teknik Elektro Arus Lemah (S1).

Selanjutnya, Teknik Informatika/Teknik Komputer (S1), Teknik Mesin (S1), Teknik Mesin Kilang/Teknik Instrumentasi Kilang/ Teknik Pengolahan Minyak dan Gas Bumi (D-IV), Teknik Lingkungan (S1), Teknik Perminyakan (S1), Teknik Pertambangan (S1), Teknik Sipil (S1), dan Manajemen Energi (S2).

Nantinya, para pelamar jurusan tersebut akan menempati 20 posisi jabatan yang akan disebar di unit-unit kerja di bawah Kementerian ESDM.

Posisi jabatan tersebut adalah Analis Kegiatan Eksplorasi dan Eksploitasi Minyak dan Gas Bumi, Analis Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi, Analis Kelaikan Teknik dan Keselamatan Ketenagalistrikan, Analis Ketahanan Energi, dan Analis Konservasi Energi.

Kemudian, Analis Penerimaan Negara Bukan Pajak, Analis Pengembangan Infrastruktur, Analis Program Ketenagalistrikan, Analis Program Energi Baru Terbarukan, Analis Sistem Informasi, Analis Wilayah Pertambangan, Auditor Ahli Pertama, dan Inspektur Ketenagalistrikan Ahli Pertama.

Selanjutnya, Peneliti Ahli Pertama, Penyelidik Bumi Ahli Pertama, Perekayasa Ahli Pertama, Pengawas Usaha Operasi Produksi dan Pemasaran, Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama, Pranata Komputer Ahli Pertama, dan Dosen Asisten Ahli.

Untuk memantau perkembangan informasi terbaru seputar CPNS Kementerian ESDM, masyarakat bisa mengikuti media sosial resmi Kementerian ESDM atau twitter @cpnskesdm atau menghubungi Call Center 136 Kementerian ESDM.