BREAKINGNEWS.CO.ID - Provinsi Jawa Timur (Jatim) resmi terpilih secara aklamasi sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwapora) 2020 mendatang.

Penunjukkan Jatim secara resmi dilakukan pada Rapat Kerja Nasional Luar Biasa (Rakernaslub) Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI di Tegal Mas Island, Lampung, Jumat (25/10/2019). Rakernaslub yang diikuti sebanyak 27 pengurus Siwo se-Indonesia dari 35 provinsi mayoritas menghendaki Jatim sebagai pengganti Provinsi Papua yang sebelumnya menyatakan tidak siap menjadi tuan rumah.

Sedangkan, tujuh provinsi daerah tidak hadir: Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tenggara. Solo juga menyatakan tidak bisa mengikuti Rakernaslub. Sesungguhnya Siwo Sumatera Selatan juga mengajukan diri sebagai tuan rumah. Kawan Dante selaku Ketua Siwo PWI Sumsel mengaku mendapatkan amanah untuk menyampaikan pesan dari Gubernur Sumsel.

Akan tetapi, menurut tata tertib Rakernaslub, calon rumah Porwanas sebelumnya harus mengajukan surat permohonan kepada Siwo PWI Pusat dan PWI Pusat. "Sejauh ini hanya Jatim yang mengajukan diri, tidak ada dari daerah lain, " kata Gungde Ariwangsa, Ketua Siwo PWI Pusat.

Pimpinan sidang Janu Riyanto dari Siwo PWI DI Yogyakarta mengatakan sesuai Tatib Rakernaslub, Sumsel dinyatakan gugur. Berarti hanya Jatim Yang layak sebagai tuan rumah Rakernaslub. Meski begitu Janu tetap memberikan apresiasi kepada Sumsel yang meminta waktu untuk memberikan pemaparan.

"Saya berterima kasih kepada teman-teman atas dukungannya. Kami sudah menyiapkan segalanya baik bersifat teknis maupun non teknis pelaksnaan nanti, " kata Erwin Muhamad, ketua Siwo PWI Jawa Timur.

Ada 8 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Jawa Timur pada Agustus 2020 nanti, yakni atletik, biliar, bulu tangkis, catur, futsal, sepak bola, tenis meja, tenis lapangan. Ada juga dua lomba kompetensi dan lomba jurnalistik. Jawa Timur juga berencana menambah dua cabor yakni boling dan bridge yang akan dibahas pada Rakernas Siwo PWI di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Februari 2020 mendatang.