BREAKINGNEWS.CO.ID – Saat ini banyak sekali aplikasi android yang tersedia di Play Store. Aplikasi-aplikasi tersebut tersedia mulai dari aplikasi pesan instant, video streaming, edit foto, game mobile dan masih banyak yang lainnya.

Namun kalian tahu atau tidak jika ternyata Aplikasi Android ada yang berbahaya loh. Ya, mulai dari pengaruh usia baterai, pencurian data, membuat Smartphone kalian lemot, dan lain sebagainya. Berikut ini, adalah empat aplikasi yang ternyata bisa membahayakan smartphone kalian:

1.Facebook

Sebagian besar pengguna Smartphone tentu memakai aplikasi sosial media satu ini. Akan tetapi kalian sadar tidak sih kalau ternyata versi reguler-nya tidak cuman boros penyimpanan saja, melainkan juga boros baterai loh. Solusinya agar ponsel tetap awet, kalian sediakan shortcut untuk membuka situs Facebook di aplikasi browser kalian masing-masing. Dengan begitu, baterai dan kapasitas penyimpanan bisa lebih hemat.

2.Aplikasi Cuaca

Memang sih untuk aplikasi ini bermanfaat ketika di musim ekstrem sebab bisa mempersiapkan segalanya. Misal kalau perkiraannya bakal ada hujan, bisa sediakan payung dan semacamnya. Namun kalau cuaca lagi terik dapat menggunakan pakaian yang nyaman. Akan tetapi kalian tau nggak sih kalau aplikasi ini boros banget terhadap baterai? Apalagi kalau di pasang di homescreen. Jika kalian ingin melihat perkiraan cuaca, langsung saja ke Google Now.

3.Anti Virus Gratis

Bagi pengguna yang masih cukup awam sering banget terkena ini nih. Bukannya menangkal virus, melainkan Smartphone pengguna akan dijadikan sebagai tempat perkembang biakan mereka. Tidak hanya dalam aplikasi, kalian juga perlu waspada terhadap konten situs website yang mengungkap kalau perangkat terkena virus dan semacamnya.

Tidak hanya mengancam kesehatan Smartphone, aplikasi semacam ini juga akan membuat baterai lebih boros ketimbang biasanya. Dan untuk mencegahnya, kalian jangan install aplikasi selain dari Google Play Store dan percayalah kalau ponsel dalam keadaan aman.

4.Aplikasi Peningkat Performa

Mirip seperti point ketiga, akan tetapi untuk aplikasi peningkat performa ini bisa dibilang lebih aman dari virus sih. Akan tetapi untuk fungsi yang ditawarkan tidak maksimal, terlebih adanya iklan yang memotong di tengah jalan yang bakal memakan kuota kalian. Daripada begitu, kalian bisa hapus cache secara manual atau mungkin manfaatkan aplikasi cleaner bawaan.