BREAKINGNEWS.CO.ID – Maverick Vinales mengungkapkan jika hasil positif yang diraihnya bersama tandemnya Valentino Rossi pada sesi latihan bebas pertama MotoGP Thailand 2018, belum bisa menjamin hasil akhir yang akan disabet Movistar Yamaha di ajang MotoGP seri ke-15 ini. Pasalnya kondisi yang ada pada YZR-M1 tunggangan mereka belum menunjukan peningkatan berarti.

Dalam uji coba tersebut, Vinales dan Valentino Rossi masing-masing hanya menduduki posisi tercepat kedelapan dan ke-12. Ditambah belum adanya solusi nyata untuk masalah elektronik YZR-M1, Top Gun pun mengaku tak tahu target macam apa yang harus ia bidik akhir pekan ini. "Soal diri saya sendiri, saya merasa lebih positif, tapi ekspektasi tetap sama. Saya tak punya ekspektasi. Saya hanya ingin menikmati sesi berkendara dan melihat apa kami bisa ambil hal positif dari pekan balap ini. Bagaimanapun saya akan coba bersenang-senang dan tampil sebaik mungkin. Itu saja, tak lebih," ungkapnya dikutip Crash.net.

Pembalap berusia 23 tahun ini pun yakin pekan balap di Buriram bakal makin berat menyusul alokasi ban terbaru Michelin, yang menyajikan ban belakang dengan konstruksi yang lebih keras, seperti yang mereka sediakan di Red Bull Ring, Austria pada Agustus lalu.

"Saya rasa di sini bakal sangat sulit, karena dalam uji coba gripnya sudah sangat rendah dan di sini Michelin membawa komponen ban yang lebih keras seperti di Austria. Kami kesulitan dengan tipe ban keras seperti itu. Tapi lihat saja nanti. Saya tak mau pasang ekspektasi, saya hanya akan berkendara dan melihat apakah kami bisa senang-senang," tuturnya.

Mengingat Vinales dan Rossi sama-sama kesulitan menjalani pekan balap di Aragon, Spanyol dua pekan lalu, Rossi sempat menyatakan bahwa Yamaha harus melakukan perubahan radikal pada M1, seperti pada 2004 lalu, yakni tahun pertamanya di Yamaha. Vinales sendiri pun mengaku sampai kehilangan kata-kata untuk menjelaskan apa yang harus diubah pada M1.

"Saya benar-benar tak tahu apa yang harus diubah. Ini bukan keputusan saya, jadi jujur saja saya tak bisa mengatakan apa pun. Saya hanya bisa berkata, misalnya, motor kami tak bekerja dengan baik jadi harus ada perubahan, mungkin di sektor ban seperti sekarang," ujar juara dunia Moto3 2013 ini.

"Tapi Yamaha sudah begini selama 1,5 tahun. Mereka takkan berubah dalam waktu dua bulan saja, jadi kami harus tetap berpikir positif, lebih bahagia dan melalui semua balapan sebaik mungkin. Mungkin saja bisa naik podium atau masuk lima besar. Hasil itu bakal menyenangkan," pungkas Vinales.