BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Brasil berhasil menekuk Argentina dengan skor 2-0 di semifinal Copa America 2019, Rabu (3/7/2019), dengan hasil tersebut semakin memperpanjang rekor Tim Samba ketika bermain di kejuaraan antarnegara Amerika Selatan.

Brasil sukses menang dan melaju ke partai puncak Copa America 2019 berkat gol dari Gabriel Jesus pada menit ke-19 dan Roberto Firmino pada menit ke-71. Tim Samba memang tidak pernah kalah apabila berhasil mencetak gol pembuka dalam ajang Copa America. Hal tersebut sudah terjadi sejak tahun 1979 atau sekitar 40 tahun silam.

Pada fase grup Copa America 1979 silam, Brasil mengalami kekalahan 1-2 dari Bolivia setelah berhasil unggul lebih dulu. Akan tetapi, setelah mengalami kekalahan tersebut, Selecao tercatat tidak terkalahkan apabila mencetak gol lebih dulu. Kemenangan perdana yang mengawali rekor Brasil tercatat dalam laga fase grup kedua di Copa America 1979 dengan skor 2-1 atas Argentina.

Dalam kurun 40 tahun tersebut, apabila berhasil membuat gol lebih dulu, Brasil mengoleksi 43 kemenangan dan sembilan kali imbang di Copa America. Brasil pun akan menghadapi laga final Copa America 2019 menghadapi pemenang dalam pertandingan antara Chile dan Peru.

Sebelum meraih kemenangan atas Argentina, Brasil meraih kemenangan dua kali dan seri satu kali di fase grup. Sementara pada perempat final, Dani Alves dan kawan-kawan menang adu penalti atas Paraguay. Canarinho alias burung kenari kali terakhir ke final pada 2007 dengan keberhasilan menjadi kampiun berkat kemenangan 3-0 atas Argentina.

Brasil sudah delapan kali menjadi juara dalam turnamen yang sudah dihelat sejak 1916 dan tercatat menjadi negara ketiga tersukses setelah Uruguay (15 gelar) dan Argentina (14).