BREAKINGNEWS.CO.ID – Musim balapan paruh pertama MotoGP telah usai selepas perhelatan seri kesembilan MotoGP Jerman yang berlangsung di sirkuit Sachsenring, Minggu (15/7/2018) lalu. Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez saat ini memimpin klasemen dengan raihan 165 poin berkat lima kemenangan yang diraihnya. Ia pun bertekad untuk untuk melanjutkan dominasinnya di paruh kedua dengan memanimalisir berbagai kesalahaan yang dibuatnya pada paruh pertama.

MotoGP Republik Ceko akan menjadi seri pembuka paruh kedua MotoGP musim ini. Balapan tersebut akan digelar pada 3-5 Agustus mendatang. Jika melihat hasil yang pernah ditorehkan Marquez di sirkuit Brno, Ceko ini, memanglah kurang baik. Mengingat ia kerap mengalami kesulitan bersama Honda. Bahkan pembalap berkebangsaan Spanyol ini baru mencetak dua kemenangan sejak naik ke kelas primer pada 2013 silam.

"Brno bakal sulit, karena itulah lintasan di mana kami mendapati masalah di setiap tahun. Itulah mengapa kami sempat uji coba di sana. Yamaha dan Ducati makin kuat, jadi kami juga harus melakukan langkah maju," ungkapnya seperti yang dilansir dari MotoGP.com.

Sejak Assen, Belanda tahun lalu, baik Valentino Rossi maupun Maverick Vinales masih belum juga mampu mempersembahkan kemenangan bagi Yamaha. Meski begitu, keduanya justru duduk di peringkat kedua dan ketiga pada klasemen, dan kompak finis kedua dan ketiga di Sachsenring.

"Kemenangan di Sachsenring penting sebelum rehat musim panas, karena kami telah bekerja keras di paruh pertama musim dan meraih lima kemenangan. Tapi kami melakukan kesalahan, dua kali gagal meraih poin. Kami tak boleh lagi menerima kesalahan macam ini," ujar Marquez.

Saat ini, Marquez berada di puncak klasemen dengan 165 poin, unggul 46 poin dari Rossi dan 56 dari Vinales. Marquez pun yakin kalau Yamaha takkan tinggal diam mengalami paceklik kemenangan, dan yakin mereka akan bangkit dalam waktu dekat. "Kami masih harus meningkatkan performa karena para rider Yamaha sangat cepat dan mereka makin kuat. Kami harus terus mengingat hal ini pada paruh kedua musim ini. Kami harus bersiap menjalani 10 balapan tersisa," pungkas berusia 25 tahun ini.