JAKARTA - Pada bulan Ramadan, teh manis sering jadi andalan berbuka puasa. Setelah 14 jam berpuasa, embun es teh manis yang berada di gelas kaca bisa jadi penggoda terbesar untuk segera diminum. Teh manis seolah tak bisa dipisahkan dari menu buka puasa. Namun ahli gizi menilai minuman ini kurang baik dikonsumsi saat buka puasa.

Minuman yang sangat digemari bagi banyak orang selain pekat, rasa manis yang timbul memberikan sensasi menyenangkan dan otomatis membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Untuk menggantikan energi yang hilang ini, kita butuh menu berbuka puasa yang tepat.

Gula bisa cepat meningkatkan kadar gula darah yang turun setelah berpuasa. Namun, kebanyakan makanan manis, seperti teh manis atau pisang goreng, tidak memiliki gizi yang cukup untuk menggantikan nutrisi yang hilang selama seharian beraktivitas.

Teh manis memang bisa membantu menaikkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Hangatnya teh pun juga ikut menenangkan perut. Namun, ternyata langsung minum teh manis untuk berbuka ternyata kurang bagus untuk kesehatan. Memangnya ada apa?

Minum teh manis untuk berbuka sebenarnya boleh saja kok, namun ada baiknya jika Anda minum air hangat terlebih dahulu. Alasannya simpel: teh manis mengandung kafein. Ketika perut dalam keadaan kosong untuk waktu lama, kafein bisa membuat asam lambung Anda naik. Anda bisa kembung atau mual.

Selain pada saat berbuka puasa, mengkonsumsi teh manis juga tidak disarankan pada saat sahur. Minum teh manis untuk berbuka masih dibolehkan (dengan beberapa catatan), namun tidak begitu ketika Anda meminumnya saat sahur. Kafein yang ada di dalam teh ini juga bisa membuat tubuh cepat kekurangan air. Dengan kata lain, Anda akan cepat haus.

Lebih baik pilih makanan manis alami yang juga mengandung serat dan bernutrisi tinggi, seperti: Jus buah atau smoothies Kurma Es buah tanpa pemanis tambahan Buah segar, buah kering, atau buah yang dibekukan, misalnya pisang beku salut cokelat.

Sebutir kurma ukuran sedang, misalnya, mengandung sekitar 23 kalori, 6,2 gram karbohidrat dengan 5,3 gram gula dan 0,7 gram serat.