BREAKINGNEWS.CO.ID - Badminton World Federation (BWF) World Tour Finals 2018 yang berlangsung di Guangzhou, Cina, sudah memasuki babak semifinal, Indonesia tidak punya wakil di babak tersebut usai enam wakil yang turun dalam turnamen ini gagal melewati babak penyisihan.

Indonesia masih menyimpan harapan pada pasangan ganda campuran, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang menghadapi ganda campuran asal Cina, Wang Yilyu/Huang Dongping di laga terakhir, Jumat (14/12/2018).

Hafiz/Gloria memberikan perlawanan sengit pada Wang/Huang di gim pertama. Mereka bahkan sempat memimpin 8-5 sebelum pada akhirnya tertinggal 10-11 saat interval. Selepas interval, pertandingan semakin sengit di antara kedua pemain. Hafiz/Gloria berhasil mengejar perolehan poin pada angka 15-15, akan tetapi kemudian Wang/Huang menutup gim pertama dengan empat poin beruntun yang membuat mereka unggul 21-16.

Masuk ke gim kedua, perlawanan ketat dari ganda campuran Indonesia, Hafiz/Gloria hanya terlihat di awal laga. Dalam skor 8-6, Wang/Huang merebut enam poin beruntun dan mereka langsung memimpin dengan skor 14-6. Tekanan Wang/Huang makin menyulitkan Hafiz/Gloria. Wang/Huang lalu unggul 19-8 dan meraih match point pada angka 20-10.

Hafiz/Gloria sempat menggagalkan tiga match point Wang/Huang akan tetapi pada akhirnya kalah setelah serangan Gloria membentur net. Skor 21-13 untuk Wang/Huang di akhir gim kedua. Kekalahan ini membuat Hafiz/Gloria gagal menuju semifinal BWF World Tour Finals 2018. Hafiz/Gloria kalah dalam hal selisih gim dari Yuta Watanabe/Arisa Higashino yang lolos ke semifinal.

Di sisi lain, tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto juga tidak berhasil melaju ke semifinal setelah kalah bersaing dengan tunggal putra asal Jepang, Kento Momota dan tunggal putra asal India, Sameer Verma. Di laga terakhir, Tommy kalah dengan skor 14-21, 8-21 dari Kento Momota. Tidak hanya Hafiz/Gloria dan Tommy, sebelumnya Anthony Ginting, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu sudah lebih dulu tersingkir.

Untuk Kevin/Marcus, pasangan nomor satu dunia ini terpaksa harus mundur dari ajang BWF World Tour Finals 2018 dikarenakan Marcus mengalami cidera pada lehernya. Pada tahun lalu, Indonesia sendiri meraih satu gelar dari turnamen ini saat Kevin/Marcus memenangkan nomor ganda putra dengan mengalahkan ganda putra asal Cina, Liu Cheng/Zhang Nan di babak final.