BREAKINGNEWS.CO.ID - Tim Sepak Bola Anak Indonesia (SBAI) U-12, resmi dilepas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk berlaga di turnamen sepakbola usia muda internasional berlabel Soong Ching Ling Cup di Cina.

Turnamen Soong Ching Ling 2019 tersebut akan digelar di Kota Hangzhou, Cina mulai 2 hingga 8 Agustus 2019 mendatang. Sebanyak 11 negara termasuk Tim SBAI U-12 sudah mengkonfirmasi untuk ambil bagian dalam turnamen bergengsi ini.

Pelepasan Tim SBAI U-12 dilakukan oleh Deputi Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, di gedung Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan Olahraga Nasional (PPITKON) Kemenpora, Selasa (30/7/2019).

"Dari usia dini kita harus mempersiapkan generasi yang memang menjadi pemain sepakbola yang berkualitas. Kualitas itu salah satunya juga meningkatkan kematangan anak-anak usia muda dalam kompetisi. Kalau sering melakukan kompetisi di dalam negeri, tentu sudah sering bertemu dengan karakteristik yang nyaris sama, dengan adanya kompetisi ke internasional event seperti yang akan dilakukan oleh Sepakbola Anak Indonesia (SBAI) U-12 ke Cina, akan bertemu dengan negara lain, dengan demikian anak-anak akan banyak belajar bagaimana karakteristik permainan lawan, bagaimana cara membangun tim yang bagus, bagaimana kebersamaan sebuah tim yang bagus, disitulah tempat pembelajaran yang efektif," ujar Isnanta.

Lebih lanjut, dia menuturkan saat ini Indonesia harus mempersiapkan generasi-generasi muda pesepakbola usia dini atau usia muda, untuk menatap olimpiade dan piala dunia, tentu harus dimulai dari usia-usia dini. Alhamdulillah Indonesia, saat ini cukup banyak yang mengikuti kompetisi-kompetisi internasional, seperti di Portugal, Swedia, Cina, Singapura, Malaysia dan di banyak tempat lainnya, banyak juga yang kita kirim. Jadi dengan demikian anak-anak kita yang jumlahnya banyak dan memiliki talenta, akan saling menguatkan kemampuan masing-masing. Nantinya kita akan mudah mencari pemain yang terbaik di antara pemain yang baik.

Pembudayaan sepakbola sudah menjadi prioritas dikarenakan sudah adanya Inpres. Karena isi Inpres tersebut menekankan untuk pembudayaan persepakbolaan usia dini yang memiliki kualitas. Negara Indonesia ini luas dan sangat banyak penduduknya, rasanya sangat mungkin kita mendapatkan bibit yang berkualitas, untuk kita kembangkan kualitasnya menjadi lebih baik lagi yang pada akhirnya kita benar- benar memiliki timnas yang kuat dan yang sangat berprestasi.

Pada waktu yang sama, Ketua Umum SBAI, Dani Septia Iskandar yang akrab disapa Dani Ciko, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pihak Kemenpora yang sudah melepas Tim SBAI U-12. "Saya ucapkan terima kasih kepada pihak Kemenpora, yang diwakilkan oleh Deputi Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, sudah menerima serta melepas Tim SBAI U-12. Semoga dengan dukungan yang diberikan oleh Kemenpora, bisa menambah semangat dan memotivasi anak-anak dalam mengikuti turnamen ini serta mendapatkan hasil yang maksimal," ujar Dani, yang didampingi pelatih Tim SBAI U-12, Rusman.

Berikut daftar nama pemain Tim SBAI U-12 ke Soong Ching Ling 2019:

I Gede Awan Okan Korjana (penjaga gawang), Fandi Akhmad Andriyono (bek), Mochammad Aby Syahputra (bek), Suryanata Damara (gelandang), I Kadek Riksa Mahendra Kusuma (penyerang), Nadil Ulum Annafis (stopper), Jabbar Jidane Jauhari (sayap), I Putu Devasya Wikantara Saputra (penyerang), Airlangga Putra Agustian (bek), Muhamad Ilham Samal (gelandang), Muhamad Aksa Hamzah Hentihu (sayap), Raditya Rahman (penyerang) dan Hamam Ardell Pratama (stopper).