BREAKINGNEWS.CO.ID – Promosi pariwisata Indonesia di New Zealand semakin masif dilakukan. Salah satu yang berperan dalam promosi itu, adalah Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) New Zealand. Aktifnya GenWI New Zealand bisa dilihat dari 7 cabang yang mereka miliki.

Di New Zealand, GenWI sudah berdiri di kota-kota besar. Terbaru GenWI berdiri di Kota Chrischurch. Peresmiannya dilakukan Sabtu (13/4/2019). GenWI juga sudah berada di Auckland, Wellington, Hamilton, Palmerston North, Dunedin, dan Invercargil.

Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Media dan Komunikasi Don Kardono, memberikan acungan jempol buat GenWI New Zealand.

“Promosi pariwisata Indonesia di New Zealand luar biasa aktif. Terutama di media sosial. Kita beruntung memiliki GenWI New Zealand. Merekalah yang menggerakkan promosi tersebut melalui platform media sosial. Langkah GenWI sangat membantu. Mereka sangat aktif,” papar Don Kardono, Sabtu (13/4).

Diterangkannya, Genwi New Zealand mempunyai lebih dari 20 akun Instagram dengan ribuan follower. Di tahun 2018, GenWI New Zealand mengirim 6000 posting. Dan mempertegas mereka sebagai media promosi wisata Indonesia melalui platform digital.

“Yang harus diingat, GenWI New Zealand baru diresmikan 22 September 2018. Sedangkan 6000 postingan itu adalah target dalam satu tahun. Berarti, GenWI New Zealand mampu mencapai target itu dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Itu luar biasa,” ulas Don.

Hebatnya, GenWI tidak hanya aktif di media sosial. Mereka juga terlibat aktif dalam berbagai event. Seperti menggelar Community Marketing di Invercargil tahun 2018. Event ini menjadi bagian dari promosi Indonesia oleh Kemenpar di New Zealand.

GenWI juga aktif di sport tourism event di Auckland, kemudian Salesman Mission di Christchurch, serta Travel Axpo Wonderful Indonesia di Christchurch.

Berbagai rancangan kegiatan juga sudah disiapkan untuk tahun 2019. Seperti melakukan Workshop Wegenerasi GenWI di Christchurch. Sekaligus, merangkul anggota baru. Kehadiran anggota baru diyakini akan semakin memperluas jangkauan promosi Wonderful Indonesia di New Zealand.

Tidak hanya itu. GenWI New Zealand juga akan menggelar dalam Community Marketing Wellington, serta Community Marketing di Christchurch. Dua event ini juga menjadi bagian promosi pariwisata Indonesia.

Tidak mengherankan jika Kementerian Pariwisata terus menggoda pasar New Zealand melalui berbagai promosi. Sebab, kunjungan wisman Negeri Kiwi ke Indonesia selalu tumbuh positif.

Berdasarkan datang yang ada di Kementerian Pariwisata tahun 2016 lalu jumlah wisman New Zealand yang datang sebanyak 105.000 orang. Di tahun 2017, jumlah itu meningkat tipis menjadi 106.000 wisman. Lonjakan besar terjadi tahun 2018. Kunjungan wisman New Zealand mencapai 128.000 orang.

Untuk tahun 2019, Kemenpar memasang target kunjungan wisatawan asal New Zealand sebanyak 150.000. Selain dengan berbagai event, Kemenpar juga optimis target itu terealisasi dengan dukungan GenWI yang sangat aktif.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan tren wisatawan dunia memang telah mengalami pergeseran, menjadi lebih digital.

“Pariwisata adalah sektor utama penyumbang devisa Indonesia. Dan kita harus mengikuti tren wisatawan dunia. Oleh karena itu, kita sudah beralih ke digital utk promosi. Makanya kita membentuk komunitas GenWI. Semangat genwi adalah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia melalui komunitas Indonesia yang ada di negara-negara pasar utama. Terlebih yang memiliki banyak jejaring melalui sosial media,” papar Menpar.

Oleh karena itu, Menteri yang sangat sangat digital itu mengharapkan GenWI untuk aktif mempromosikan pariwisata Indonesia. Caranya, melalui media sosial masing-masing.

“GenWI telah terbentuk di 10 negara. Dan mereka sangat aktif mempromosikan pariwisata Indonesia. Termausk juga GenWI New Zealand. Kita berharap mereka terus melakukan inovasi dan membuat promosi yang semakin gencar,” harapnya.(*)