BREAKINGNEWS.CO.ID - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez finis pertama pada balapan MotoGP Jepang 2018 di Twin Ring Motegi, Minggu (21/10/2018). Keberhasilan di Momogi ini sekaligus memastikan peraihan gelar juara dunia MotoGP 2018 untuk pembalap asal Spanyol tersebut. Marquez, yang start dari posisi keenam, mengungguli Andrea Dovizioso yang mengawali balapan dari urutan terdepan setelah menjadi yang tercepat di kualfikasi.

Namun, Marquez menciptakan start apik untuk melesat di posisi kedua membayangi Dovizioso yang memimpin di sebagian besar balapan. Memasuki lap keempat, pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow membuat kejutan. Ia melakukan overtake untuk merebut posisi kedua dari penguasaan Marquez. Aksi Crutchlow diikuti penampilan ciamik Rossi yang merebut posisi keempat.

Pertarungan Marquez dan Crutchlow berjalan cukup menarik. Pada lap ketujuh, ia gantian mengasapi Crutchlow untuk kembali menguasai posisi kedua. Saat keduanya bertarung, Dovi tampak masih nyaman menguasai posisi terdepan.

Memasuki lap ke-10, tak ada perubahan pada posisi tiga terdepan. Sedangkan Rossi harus rela melihat Alex Rins menyalipnya di tikungan kelima. Terlihat bahwa Rossi mulai bermasalah dengan grip motornya. Drama terjadi di lap ke-13. Marquez sukses menyalip Dovizioso di tikungan ketujuh, tapi kemudian melakukan kesalahan dengan keluar jalur hingga masuk gravel usai melewati tikungan sembilan. Kesalahan itu berhasil dimanfaatkan Dovizioso untuk mengambl-alih kembali posisi terdepan.

Dengan enam lap tersisa, Dovizioso dan Marquez semakin unggul atas Cructhlow. Pebalap asal Inggris itu tertinggal hingga 1,3 detik dari Marquez. Sementara Dovizioso hanya terpaut 0,2 detik atas Marquez.

Marquez terus menekan Dovizioso hingga akhirnya memimpin balapan di lap ke-20. Persaingan Marquez dengan Dovizioso terus terjadi hingga lap ke-23, sebelum Dovizioso melakukan kesalahan dan terjatuh di tikungan 10. Marquez akhirnya memenangi balapan MotoGP Jepang dan memastikan gelar juara dunia MotoGP 2018. Crutchlow berhasil finis kedua dan Rins merebut podium ketiga.

Marquez memastikan gelar juara dunia MotoGP kelima dalam enam musim terakhir. Ditambah gelar juara dunia 125cc dan Moto2, pebalap yang dijuluki The Baby Alien itu sudah mengoleksi tujuh gelar juara dunia Grand Prix.

Hasil MotoGP Jepang 2018:

1. MARC MARQUEZ 42 menit 36,438 detik
2. CAL CRUTCHLOW +1.573 detik
3. ALEX RINS +1.720 detik
4. VALENTINO ROSSI +6.413 detik
5. ALVARO BAUTISTA +6.919 detik
6. JOHANN ZARCO +8.024 detik
7. MAVERICK VINALES +13.330 detik
8. DANI PEDROSA +15.582 detik
9. DANILO PETRUCCI +20.584 detik
10. HAFIZH SYAHRIN +24.985 detik