BREAKINGNEWS.CO.ID - Semarak persiapan menyambut Asian Games masih terasa hingga saat ini. Sejumlah jalan di Jakarta pun dihias warna-warni dengan mural atau gambar maskot Asian Games 2018. Jika Anda tertarik membuat gambar yang di lukis di dinding. Tidak ada salahnya untuk mengikuti kompetisi mural Asian Games 2018.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh perusahaan infrastruktur jalan tol, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. (CMNP) bersama Cikini Art Stage (CAS). Kompetisi yang bertajuk CMNP Mural Competition 2018 itu melibatkan 365 muralis yang dibagi menjadi 73 kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 4 orang.

Kompetisi ini diikuti sekitar 200 seniman dari berbagai wilayah di Indonesia tersebut, mengambil lokasi mural di tiang Tol Wiyoto Wiyono, kawasan Rawamangun hingga Pulomas, Jakarta Timur, yang bertemakan "Culture and Diversity Energy of Asia".

Berbagai gambar cabang olahraga dan gambar lain bertemakan Asian Games pun dilukis para seniman untuk menjadi sang pemenang. Sejak Sabtu (4/8/2018) sebanyak 73 tiang tol yang terletak di sepanjang jalan Pulomas sampai Rawamangun, Jakarta Timur sudah dilukis.

 "Asian Games merupakan kompetisi olahraga kedua yang besar setelah Olimpiade. Ekonomi suatu negara akan meningkat setelah ada kompetisi skala dunia, salah satunya seperti Asian Games. Untuk itu, kompetisi mural ini diadakan untuk mendukung perhelatan tersebut," kata penyelenggara acara, Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk Tito Sulistio di Jakarta.

Dia menjelaskan bahwa kompetisi mural itu merupakan acara pertama yang mengumpulkan ratusan seniman dari berbagai daerah untuk melukis tiang-tiang jalan tol di Jakarta.

Mural Asian Games 2018.



"Mural ini merupakan upaya kita untuk mempercantik tiang-tiang tol yang nantinya akan dilihat oleh para atlet mancanegara. Maka dari itu, saya minta agar muralnya nanti tetap menunjukkan nuansa ke-Indonesia-an, jangan yang seram-seram, misalnya gambar tengkorak, atau warna-warna reflektif (hitam)," terang Tito.

Ia menambahkan, Asian Games merupakan momentum bagi masyarakat Indonesia untuk menunjukkan kapasitas dan kemampuannya di mata dunia. "Kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 merupakan tanggung jawab kita semua," tambahnya.