JAKARTA - Operasional bus Transjakarta Tanah Abang Explorer sudah dihentikan sementara oleh PT Transjakarta sejak 30 Januari 2018. Kepala Humas PT Transjakarta Wibowo mengemukakan, bus-bus yang biasa gratis melayani warga yang berkunjung ke Tanah Abang, Jakarta Pusat itu saat ini dialihkan ke tiga rute.

"Busnya (Tanah Abang Explorer) dioperasikan di rute Kampung Melayu-Tanah Abang, Pasar Minggu-Tanah Abang, dan Pasar Minggu-Tebet," ujar Wibowo, Jumat (2/2/2018). Ketiga rute itu adalah rute non-koridor. Total bus yang dioperasikan sekitar 15 unit. Namun, bus Tanah Abang Explorer yang dialihkan ke tiga rute itu saat ini berbayar. "Jadi berbayar dengan tarif Rp 3.500, " kata dia.

PT Transjakarta belum mengetahui kapan Tanah Abang Explorer bakal digunakan kembali seperti sebelumnya. PT Transjakarta masih tetap menunggu keputusan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. "Masih menunggu arahan dari Pemprov DKI," ucap Wibowo.

Tanah Abang Explorer gratis yang sudah beroperasi sejak 22 Desember 2017 mulai berhenti beroperasi pada 30 Januari 2018 dikarenakan sopir angkot melakukan aksi mogok di Stasiun Tanah Abang. Sejak beroperasi pada 22 Desember 2017 sampai 28 Januari 2018, jumlah penumpang Transjakarta Tanah Abang Explorer mencapai 460.408 penumpang dengan jumlah bus yang beroperasi sebanyak 15 unit setiap harinya.