BREAKINGNEWS.CO.ID - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengaku siap menghadapi debat pertama Pilpres 2019. Adapun hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso.

"Soal persiapan debat, saya kira baik-baik saja ya dan natural. Kita selalu siap dalam menghadapi debat pertama ini,. Dan kami juga tidak memiliki persiapan khusus," kata Priyo dalam sebuah diskusi yang mengusung tema 'Jelang Debat Siap Hebat' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1/2019).

Kesiapan tersebut, kata Priyo, tentunya Prabowo-Sandi sudah terbiasa dan belakangan sudah diputuskan oleh pihaknya untuk konsen menjelang debat yang akan berlangsung pada 17 Januari 2019 mendatang.

"Jadi, memang kita sudah putuskan jika pada tanggal 15-16 Januari 2019, Pak Prabowo dan Pak Sandi sudah stay di Jakarta sehabis berkeliling dari daerah-daerah di Indonesia," ujarnya.

Terkait dengan format debat sendiri, Priyo mengaku jika pihaknya juga telah menyampaikan seluruh format yang diusulkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kepada Prabowo-Sandi. "Kami dari BPN sendiri juga sudah memberikan usulan kepada KPU untuk debat yang berkualitas, bermartabat dan bercita rasa debat antar capres-cawapres. Jadi jangan sampai seperti debat antar tim sukses," ucap Priyo yang juga Sekjen Partai Berkarya itu.

Untuk itulah, lanjut Priyo, KPU sendiri juga menghadirkan format debat yang saat ini sudah disepakati. "Usulan dari teman-teman televisi kemarin juga mengusulkan banyak format, tapi memang tidak semuanya yang kita setujui. Tapi format-format yang dilakukan itu agar tidak monoton dan dapat memberikan nilai show-nya," terang Priyo.

Sementara itu, terkait tim khusus yang akan memoles pasangan calon nomor urut 02 itu, Priyo pun tak menampik. Menurutnya, tidak ada masalah jika adanya kehadiran tim khusus tersebut.

"Iya, saya kira wajar kehadiran tim khusus itu ya. Bahkan, secara umum selain menyiapkan materi debat, tim khusus ini juga kan sudah dibentuk oleh ketua kami yakni Pak Djoko Santoso. Dan tim-tim tersebut juga dikoordinatori oleh Pak Sudirman Said," imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, debat pertama Pilpres 2019 kali ini berlangsung pada 17 Januari 2019. Debat tersebut juga mengusung tema, Hukum, Ham, Korupsi dan Terorisme.