Presiden Joko Widodo mengakui tidak menjamin ada reshuffle kabinet tahun ini. Jokowi juga mengaku tetaplah mengevaluasi kinerja para anak buahnya dalam bekerja membantu presiden serta wakil presiden.

" (Bila tahun ini) belum juga tahu, " tutur Jokowi dikutip Pada Jumat (14/7).

Beredar berita Jokowi akan mereshuffle kabinet kerja jilid IV. Menteri yang terkena reshuffle yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati serta Menteri Kelautan serta Perikanan Susi Pudjiastuti.

Tetapi, Jokowi juga meyakinkan tidak ada perombakan kabinet atau reshuffle kurun waktu. " Enggak ada reshuffle hari ini enggak ada, minggu ini enggak ada, " tegas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini malas menjawab waktu disebutkan sejumlah nama-nama menteri yang diduga terkena reshuffle.

" Barusan sudah saya bilang hari ini tidak ada reshuffle, minggu ini tidak ada reshuffle, " ujarnya.

Terlebih dulu, Presiden Jokowi diberitakan punya niat kembali mengubah susunan kabinetnya. Beberapa menteri wanita disebut akan digeser atau dicopot dari jabatannya.

Diambil dari GIVnews. com, Menteri Keuangan Sri Mulyani disebut juga akan digeser jadi menteri koordinator perekonomian. Penggantinya adalah Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo yang sempat menjabat tempat ini pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa disebut juga akan mengundurkan diri untuk ikuti pemilihan gubernur Jawa Timur. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia serta Kebudayaan, Puan Maharani, disebut jadi kandidat pengganti Menteri Khofifah.

Menteri Kelautan serta Perikanan Susi Pudjiastuti diberitakan juga akan dicopot dari posisinya bersamaan perseteruan dengan nelayan serta pengusaha. Menteri Susi disebut juga akan menempati kementerian koperasi serta usaha kecil dan menengah.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno beritanya akan dicopot dari jabatannya. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan disebut juga akan menggantikan posisi Menteri Rini.