Jakarta- Di seluruh seantero tanah air Indonesia, hari ini sedang dirayakan sebuah acara tahun baru islam 1 muharram 1439 H.

Sebelum memasuki makna dari hari besar itu mari kita melihat sejarahnya, yang mana Setiap hari besar umat beragama pasti ada nilai history, yang mana point itu merupakan asal usul kenapa 1 muharram( tahun baru islam) dirayakan, bukan hanya, itu kita juga harus memaknai apa  esensi dari tahun baru hijriah tersebut. 

Sejarah mencatat tahun baru islam menjadi momentum besar umat islam tatkala Nabi Muhammad SAW hijrah dari kota Mekkah ke kota Madinah, nabi hijrah setelah adanya futtu makkah.

Maka dari itu kita sebagai orang muslim khususnya memperingati hari besar islam ini untuk berhijrah menjadi lebih baik, dalam artian mempunyai sikap dan sifat yang baik seperti tidak menyakiti hati orang, tidak mengadu domba, tidak membuat hoax,dan sikap yang baik harus kita lakukan 1 tahun ke depan. Maka dari itu marilah kita melakukan hal yang luar biasa untuk diri kita dan untuk bangsa dan negara, karena dari kepribadian yang baiklah akan muncul para pemimpin yang baik pula.

Semoga dengan momentum hari besar keagamaan ini, kita bangsa indonesia bisa memahami dengan makna positif dan menjaga toleransi antar sesama umat beragama dengan menghargai segala perbedaan yang ada. (AS)

Tag