BREAKINGNEWS.CO.ID - Pemandangan mengharukan terlihat di Rutan Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau. Berdasarkan foto yang beredar luas pada Selasa (1/1/2019), sarung-sarung lusuh menggelayut diikatkan antarjeruji/. Faktanya, di tempat itulah sebagian besar tahanan mengistirahatkan tubuhnya setiap hari sampai waktu hukumannya habis. Sebab, di lantai sudah berjejal ratusan orang yang selonjor. Ya, mirip sekali dengan kelelawar.

Permasalahan overkapasitas memang menjadi momok bagi rumah tahanan di Indonesia. Bangunan yang tak banyak berbanding terbalik dengan peristiwa kejahatan yang muncul setiap harinya. Berdasarkan data Ditjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM, kapasitas Rutan Bagansiapiapi adalah 98 orang. Tapi faktanya rutan ini dihuni 810 orang atau melebihi kapasitas hingga 836 persen.

Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly menyebut kapasitas rutan di Indonesia saat ini sebesar 123.025 orang, sedangkan penghuninya sudah mencapai 246.389 orang dan terus bertambah. Sebagian besar, menurut Laoly, tahanan yang masuk berasal dari kasus narkoba.

"Dalam sistem database permasyarakatan menunjukkan jumlah narapidana dan tahanan yang menghuni rutan sangat banyak 246.389 on going. Maksudnya terus detik per detik angka ini terus bertambah dan angka net jumlah yang kurang, jumlah remisi keluar tapi di-top up. Top up terus," kata Laoly.

Anggota Komisi III DPR Taufiqulhadi menyebut salah satu hal yang bisa menjadi solusi dalam permasalahan ini adalah mengurangi orang masuk penjara.

"Memang itu problem klasik. Sekarang ini masalah tahanan kita itu adalah overcapacity. Paling banyak tahanan narkoba, kemudian mereka di dalam itu membuat blok. Di dalam kasus Riau, antara blok itu berkelahi karena overcapacity dan tidak nyaman," ungkap Taufiqulhadi.

Komisi III DPR, yang membidangi masalah hukum, sebenarnya sudah memberikan alokasi anggaran besar untuk masalah lapas ini. Namun, menurut Taufiqulhadi, anggaran besar itu belum menyelesaikan permasalahan overkapasitas.

"Kami tahun anggaran sekarang ini kita berikan dukungan dana besar untuk bangunan, kamar, itu sudah dilakukan, tapi masih kurang. Harus 10 kali lipat lagi dari sekarang baru mencukupi," kata anggota Fraksi NasDem itu.

Berikut ini daftar overkapasitas tertinggi di Indonesia:

1. Rutan Bagansiapiapi
Kapasitas 98 orang tapi dihuni 810 orang atau overkapasitas hingga 836 persen.
2. Rutan Takengon
Kapasitas 65 orang tapi dihuni 495 orang atau overkapasitas 685 persen.
3. Lapas Banjarmasin
Kapasitas 366 orang tapi dihuni 2.688 orang atau overkapasitas 664 persen.
4. Lapas Tarakan
Kapasitas 155 orang tapi dihuni 996 orang atau overkapasitas 650 persen.
5. Lapas Labuhan Ruku
Kapasitas 300 orang tapi dihuni 1.770 orang atau overkapasitas 640 persen.