BREAKINGNEWS.CO.ID – Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo melakukan olahraga pagi dengan berjalan kaki bersama dengan warga Indonesia di Korea Selatan. Mereka menyusuri jalanan kota Seoul pada Selasa (11/9/2018).

Presiden Jokowi beserta rombongan mulai jalan kaki dari Hotel Lotte, tempat menginap selama di Korsel, menuju Sungai. Mereka menyusuri Sungai Cheongyecheon yang berada di tengah Kota Seoul, sekitar 1 kilometer jaraknya.

Tidak hanya para warga Indonesia yang tinggal di Korea, beberapa Menteri Kabinet Kerja juga ikut berjalan kaki bersama dengan Jokowi. Di antaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi Safruddin, Kepala Badan Kreatif Triawan Munaf, Dubes Indonesia untuk Korsel, Umar Hadi.

Presiden Jokowi bersama dengan Ibu Iriana yang memakai kaos putih berjaket merah serta bercelana panjang hitam ini menikmati jalanan Ibu Kota Korsel sambil melayani beberapa pertanyaan para warga Indonesia di Korsel.

Kagum

Sampai di Sungai Cheongyecheon, Jokowi dan rombongan disambut oleh Wali Kota Seoul, Park Won-soon dengan memberikan karangan bunga. Setelah foto bersama dan menyapa para warga, Jokowi ditemani Wali Kota Park menyusuri sungai jernih yang membelah Kota Seoul.

Jokowi merasa terpesona dengan langkah pemerintah Kota Seoul yang bisa membuat sungai sebersih ini di dalam Kota Metropolitan. "Saya kira ini sebuah tontonan yang bisa menjadi tuntutan kita bisa mengerjakan menggarap sungai yang ada di Jakarta. Kalau kita mau bisa," ungkap Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in beserta Ibu Negara Korea Selatan, Kim Jung-sook mengajak Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi blusukan ke kawasan Dongdaemun, Korea Selatan, Senin (10/9).

Jokowi dan Iriana serta rombongan Presiden Korsel tiba di tempat tersebut sekitar pukul 20.30 waktu setempat. Mereka melihat taman yang dipenuhi bunga dengan cahaya lampu. Tak lama setelah itu, mereka berjalan kaki menuju sebuah pusat perbelanjaan. Saat berjalan kaki banyak warga yang terkejut melihat kedua kepala negara berada dekat mereka. Beberapa kemudian memanfaatkan momen ini untuk berfoto bersama.