BREAKINGNEWS.CO.ID - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali merilis hasil survei kedua pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2019. Berdasarkan 6 kantong suara pemilih, pasangan calon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf unggul dari pesaingnya Prabowo-Sandi di lima kantong suara.

Adapun 6 kantong suara tersebut meliputi kantong suara pemilih Muslim, pemilih Minoritas, pemilih Mileneal, pemilih Wanita (Emak-Emak), Pemilih Wong Cilik, dan pemilih Kalangan Terpelajar. "Dari 6 kantong suara tersebut, pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul di 5 kantong suara. Sedangkan pasangan Prabowo-Sandi hanya unggul di satu kantong suara," kata LSI Denny JA dalam keterangan yang diterima breakingnews.co.id (7/2/2019).

Adapun keunggulan paslon 01 di lima kantong suara tersebut yakni di kantong suara pemilih Muslim. Di kantong ini, Jokowi memperoleh angka sebesar 49,5 persen unggul atas Prabowo yang hanya memperoleh angka sebesar 35,4 persen. Sedangkan pemilih yang belum menentukan pilihannya sebesar 15,1 persen.

Selain itu, Jokowi juga unggul di kantong suara pemilih minoritas. Di kantong ini, Jokowi unggul jauh dengan memperoleh angka sebesar 86,5 persen. Sedangkan, Prabowo hanya memperoleh angka sebesar 4,7 persen. Dan pemilih yang belum menentukan pilihannya sebesar 8,8 persen.

Begitu juga di kantong suara wong cilik. Jokowi unggul dengan perolehan angka sebesar 58,4 persen. Sedangkan Prabowo hanya mendapatkan angka sebesar 24,7 persen. Dan pemilih yang belum menentukan pilihannya sebesar 16,9 persen.

Pasangan nomor urut 01 ini juga unggul di kantong suara emak-emak (wanita). Di kantong ini,  Jokowi memperoleh angka sebesar 57 persen. Sedangkan Prabowo hanya mendapatkan angka sebesar 27,8 persen. Pemilih yang belum menentukan pilihannya sebesar 15,2 persen.

Dan, di kantong suara milenial, Jokowi juga unggul dengan angka sebesar 52,6 persen. Sedangkan Prabowo hanya mendapatkan angka sebesar 33,8 persen. Pemilih yang belum menentukan pilihannya sebesar 13,6 persen.

Pasangan Prabowo-Sandi hanya unggul di kantong suara kalangan terpelajar. Di kantong ini, Prabowo mendapatkan angka sebesar 44,2 persen. Sedangkan Jokowi hanya mendapatkan angka sebesar 37,7 persen. Dan pemilih yang belum menentukan pilihannya yakni sebesar 18,1 persen.

Survei LSI Denny JA kali ini dilakukan pada periode 18-25 Januari 2019 dengan melibatkan 1200 responden di 34 provinsi di Indonesia. Penelitian ini sendiri menggunakan pendekatan multistage random sampling dengan nilai margin error sebesar 2,8 persen. Penelitian juga dilakukan dengan cara wawancara secara tatap muka dengan kuesioner.

Selain itu, LSI Denny JA juga menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan FGD, analis media, dan indepth intervensi. Survei dibiayai langsung oleh LSI Denny JA.