BANDUNG - Pentas seni tiga bulanan RuKreWa kembali digelar. Acara yang berlangsung di pelantaran Rumah Kreatif Wajiwa ini berlangsung pada Sabtu (27/1) malam. Dihelat selama kurang lebih empat jam,  'Public Stage Triwulan #10 Rumah Wajiwa' yang mengangkat tema Temu Kreator Muda; “Mulih ka Lembur” menampilkan pertunjukan seni budaya Sunda (Jawa Barat), Jogja (Jawa Tengah) hingga Minang.

Rumah Kreatif Wajiwa yang dipimpin oleh Alfriyanto memang lebih mengajak anak usia dini hingga remaja untuk mengikuti pelatihan. Tak heran selama pertunjukan sebagian besar penampil merupakan anak-anak.

Rumah Kreatif Wajiwa.

 

Pertunjukan yang ditampilkan pun beragam mulai dari seni musik, seni tari, seni peran bahkan penggabungan seni tari dengan seni bela diri. Perpaduan apik ini yang membuat RuKreWa terlihat berbeda dengan rumah kreatif lainnya.

Berikut daftar penampil Public Stage Triwulan #10 Rumah Wajiwa:

  1. Noise Creative Project (Bandung)
  2. Gandrung Pemula A (Wajiwa)
  3. Ringkang Mojang (Wajiwa)
  4. Gandrung Pemula B (Wajiwa)
  5. Zawar "Kencleng" (Wajiwa)
  6. Karoehoen Dance (Bandung)
  7.  Syarif Maulana (Bandung)
  8. Gandos (Solo)
  9. Randai Wajiwa
  10.  Loka Art Studio (Jogja)
  11. Komunitas Sastra Tasik (Orock Kappas)
  12. Krincing Jagat (Bandung)

Acara ini terbilang sukses walaupun dilakukan dengan swadaya para pekerja seni yang bernaung di RuKreWa. Terlihat dari apresiasi luar biasa yang diberikan oleh wali murid, masyarakat sekitar, pekerja seni dari beberapa daerah hingga Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI).

Seperti yang diungkapkan oleh wali murid sekaligus pengajar di Institut Kesenian Bandung, Turyati. Beliau mengatakan bahwa yang dilakukan oleh Alfriyanto bersama RuKreWa sangat luar biasa, karena bisa membentuk karakter anak-anak. Dirinya juga menambahkan dengan adanya RuKreWa kampung ciganitri pun semakin dikenal. Dan berharap RuKreWa benar-benar menjadi sebuah industri seni kedepannya. Acara ini turut dihadiri oleh wali murid, siswa, dan masyarakat lingkungan.

Jadi yang suka dengan seni, bisa mengunjungi pertunjukan ini setiap 3 bulan di Rumah Kreatif Wajiwa Bandung!