BREAKINGNEWS.CO.ID - Lari merupakan olahraga yang simpel dan hemat biaya karena Anda tidak memerlukan pelatih dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain dapat memperlancar aliran darah, serta meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Di samping itu, lari juga dapat memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot bekerja lebih baik.

Olahraga lari memang telah lama dikaitkan dengan beragam manfaat untuk kesehatan, namun lari jarak jauh seperti halnya lari maraton juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Oleh karena jarak tempuh yang jauh, maka saat ingin melakukan lari maraton ini dibutuhkan ketahanan fisik yang baik agar bisa melakukan cabang atletik tertua dalam olimpiade kuno tersebut.

Lari maraton atau dikenal juga dengan lari jarak jauh biasanya memakai lintasan 3000 meter keatas, 5000 meter atau 10000 meter yang merupakan salah satu cabang lari dilakukan di luar stadion.

Lari maraton dibagi menjadi tiga jenis yakni half marathon (21 km), full marathon (42 km) dan ultramarathon (di atas 42 km). Lari maraton juga tidak boleh sembarangan dilakukan, peserta harus mengikuti pelatihan dan diet.

Berikut ini manfaat dari lari maraton sebagaimana dilansir Boldsky, Minggu (23/9/2018).

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Saat memutuskan untuk berlatih lari maraton, maka Anda harus disiplin dan melakukannya dengan sungguh-sungguh. Kecepatan lari Anda dan jarak tempuhnya pun secara bertahap akan meningkat. Latihan yang Anda lakukan akan membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan memperkuat hati.

2. Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami

Latihan lari maraton akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Hal ini juga dapat membantu membuat semua bagian tubuh berfungsi dengan baik.

3. Meningkatkan Imun

Latihan rutin lari maraton dapat meningkatkan imunitas Anda sehingga membuat fungsi tubuh lebih efisien. Hal tersebut akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Proses latihan lari maraton membuat fokus Anda menjadi lebih baik. Memenangi lomba lari maraton akan membawa Anda pada perasaan senang. Hal ini berpengaruh pada mental Anda dan meningkatkan rasa percaya diri. Lari maraton juga mujarab untuk menghilangkan stres.