BREAKINGNEWS.CO.ID -  Penyanyi irama melayu Iyeth Bustami tampil sebagai bintang tamu pada acara pembukaan Festival Sungai Batanghari 2018 di kawasan Tanggo Rajo, Kota Jambi, Sabtu (22/9/2018). Suara melengking plus cengkok khas melayu, membuat acara pembukaan salah satu evant yang masuk dalam Top 100 Calender of Event (CoE) pecah.

Tampil di depan Plt Gubernur Jambi, Fachroni Umar, dan Penanggung Jawab CoE Kementrian Pariwisata (Kemenpar), Esthy Reko Astuti, tak membuat Iyeth canggung. Jam terbang yang sudah tak diragukan lagi, Iyeth sukses membuat suasana pembukaan menjadi semakin semarak.

Total ada enam lagu yang ditampilkan Iyeth dalam acara pembukaan tersebut. Salah satu lagu andalannya yang berjudul Laila Canggung membuat masyarakat Jambi yang hadir memadati event tersebut seolah terhipnotis untuk berdendang bersama dengan penyanyi kelahiran Bengkalis, Riau tersebut.  “Terimakasih saya ucapkan kepada pemerintah kota Jambi dan tentu saja kepada ibu Esthy yang sudah mengundang saya untuk menjadi pengisi acara di Festival Sungai Batanghari. Saya sangat terkesan,” ungkap Iyeth disela-sela pertunjukannya.

Tak sampai disitu, Iyeth pun mengajak Fachroni berserta istri dan juga Esthy naik keatas panggung untuk bernyanyi bersama. Tak hanya para penjabat yang diajaknya naik ke atas panggung. Iyeth pun mengajak anak-anak yang datang menyanyi bersama.

Meriahnya acara pembukaan Festival Sungai Batanghari 2018 atau Batanghari River Festival juga jadi perbincangan hangat warganet. Bahkan, mampu menjadi tranding topik twitter nasional.

 

 

Event Festival Sungai Batanghari memang jadi kegiatan rutin yang ditunggu-tunggu masyarakat di Tanah Pilih Pesako tersebut. Mengingat ajang tersebut, menjadi momen untuk menampilkan berbagai macam seni dan budaya khas Jambi secara keseluruhan.

Tak hanya ribuan masyarakat Jambi yang datang langsung menyaksikan pembukaan Festival Sunga Batangharai, event tersebut juga menjadi perbincangan di media sosial twitter. Hal itu disampaikan langsung oleh Esthy yang juga menjabat sebagai Staf Ahli Kemenpar Bidang Multicultural.

Esthy yang hadir mewakili Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, trending topik pembukaan Festival Sungai Batanghari tahun ini, tidak lepas dari dukungan Generasi Pesona Indonesia (GenPI). “Kami melaporkan dengan bantuan teman-teman Genpi yang mengawaki festival ini, sudah menjadikan event Festival Sungai Batanghari menjadi tranding topik nasional di Twitter,” ungkap Esthy dalam sambutannya.

Festival Sungai Batanghari sendiri berlangsung selama empat hari hingga, Selasa (25/9/2018). Dalam acara pembukaan, berbagai kegiatan seni musik, tari, dan pertunjukan ditampilkan. Seperti parade 99 model tekutuk (ikat kepala khas Jambi) dan berbagai macam kesenian lainnya.

Festival Sungai Batanghari pun diharapkan bisa menyedot 10 ribu wisatawan lokal maupun asing. Fachroni sendiri pun berharap, ajang ini mampu semakin menggeliatkan destinasi-destinasi wisata yang ada di Jambi.