BREAKINGNEWS.CO.ID- Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika STKIP St. Paulus, Ruteng, Manggarai, Flores, NTT menyelenggarakan olimpiade Matematika tingkat SMA/MA se-Kabupaten Manggarai Raya di Aula STKIP, Jumat (15/3/2019). 
 
Ketua Prodi Pendidikan Matematika STKIP St. Paulus Ruteng, Emilianus Jehadus, S.S., M.Pd mengatakan, olimpiade tersebut diikuti oleh 60 siswa dari 17 SMA dari tiga Kabupaten di Manggarai Raya. 
 
SMA tersebut yakni SMA Setia Bakti Ruteng, SMAN 1 Poco Ranaka, SMAN 8 Kota Komba, SMAN 1 Langke Rembong, SMA Swasta Yohanes Paulus II Labuan Bajo, SMAN 1 Satarmese, SMAK St. Stefanus Ketang, SMA St. Arnoldus Mukun, SMA St. Maria Iteng, SMA Seminari Pius XII Kisol, SMAN 1 Kuwu, SMA St. Pereglinus Laziozi Watu Mingan, SMAK Santa Familia Lembor, SMAK St. Fransiskus Ruteng dan SMAN 5 Kota Komba. 
 
"Yang juara tadi tu yakni Juara 1 SMA Negeri 1 Langke Rembong, Juara II Seminari Pius XI Kisol, Juara III SMAK St. Yohanes Paulus II Labuan Bajo. Harapan 1 dari SMA N I Langke Rembong, Harapan II SMA St. Familia Lembor. Kujuaraanya hanya lima besar itu tadi. Rewardnya ada piala bergilir juara 1,2,3. Ada reward juga berupa uang," ujar Emilianus kepada BreakingNews.co.id, Jumat (15/3). 
 
Menurut Emilianus, olimpiade tingkat SMA/MA tersebut merupakan kali pertama diselenggarakan. Sebelumnya kata Emilianus, pihak kampus menyelenggarakan lomba matematika yang diikuti oleh tingkat SD, SMP, SMA dan SMK secara bersamaan. "Baru kali ini khusus untuk SMA-nya se-Manggarai Raya," katanya. 
 
Lebih lanjut pria yang berprofesi sebagai Imam di Keusukupan Ruteng ini menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi matematika tingkat SMA di wilayah Manggarai Raya. 
 
"Kita buat kegiatan dalam rangka itu, supaya matematika itu semakin memasyarakat. Lebih dari itu siswa-siswi semakin paham matematika, kompetensi matematika. Paling kurang sama dengan siswa-siswi yang ada di kota besar itu. Kita mau seperti itu. Yang paling penting itu untuk meningkatkan daya saing atau kompetensi tingkat nasional nanti," harapnya. 
 
Emilianus menambahkan, program tersebut berikutnya diselenggarakan setahun sekali. Sehingga untuk mendukung rencana selanjutnya, pihaknya berencana memperluas jaringan. Salah satunya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) baik tingkat Propinsi maupun Kabupaten. 
 
"Itu belum ada jaringan. Ke depannya kita mau buat rencana MoU dengan PPO Propinsi dengan Kabupaten. Kita mau itu nanti. Saya mau matematika untuk Manggarai Raya ini harus go internasional (mendunia-red)," tegasnya. 
 
Sementara salah satu peserta yang mendapat juara III dari SMAK Seminari Labuan Bajo, Maria Hernita Elvine Pramesty mengaku senang dengan hasil yang didapatkannya. Bagi dia, hasil tersebut menjadi pemicu untuk terus belajar ilmu eksata itu. 
 
"Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing saya, teman-teman semua yang telah meluangkan waktu untuk berdiskusi sehingga saya pun mendapat juara dalam olimpiade ini," demikian Elvine. 
 
Berikut nama-nama siswa yang ikut olimpiade tersebut yakni: 
 
1. Yulciana Odilia Ceria
2. Clementina A.S. Fe Meka
3. Patriliani A. Sangkur
4. Andreas Avelino Delis
5. Ecinta Daya
6. Maria Sesi Nukar
7. Elisabet Walde
8. Yosefa Fiani Hasiman
9. Ansgarius Arnoldi Sudin
10. Matilda Saul
11. Dismas Alesandra Daung
12. Selina Ansila P. Parus
13. Valeria F. Parera
14. Yohanes M.C.B.Soares
15. Maria Hernita E. Pramesty
16. Bonefasius Guntur
17. Maria Novia Triwardani.
18. Philipus Jaut
19. Martina Rati Namung
20. Servolus C. Olismat
21. Evansianus Purnama
22. Getrudis Umbut
23. Maria Anjelina Setia
24. Antonia Eufrasia Hadia
25. Olifia Yastri Jelita
26. Aloysia Lescenti      Bovi
27. Reineldis Jemanis Amat
28. Maria Sartika Medan
29. Antonia Wimas
30. Kornelia Saung
31. Rita Fitri Sari
32. Yohana  Giovania
33. Marselina Riskiana Imun
34. Bernadeta Riwung,
35. Angela S. Hariati 
36. Gerviani M. Embun
37. Anatolia Jelina Jehadut
38. Bernadinus M. Harken
39. Gebrile M. M. Udu
40. Quirinus Agas
41. Dionisius Hargen
42. Maria Amelia Harti
43. Kresensia O. Alim
44. Hilgard A. J. Mentari
45. Marselino C. Jebatu
46. Hermanius Apriyano Josman
47. Tekla Risna Jelau
48. Matilda Vindi Yosalni
49. Elpin Ardianus Harsan
50. Gregoria Philia
51. Ventino Boi
52. Patrisianus Bensi
53. Yohanes Don Bosko
54. Venansius Syukur
55. Raulino S. Nesta
56. Adrianus E.P.  Sedi
57. Mauritius Vilkanova Malek
58. Vernika Jemamu
59. Maria Jelita
60. Maria Sastri