BREAKINGNEWS.CO.ID - Skuat Bali United kental bernuansa Persija Jakarta pada musim 2019 ini. Setidaknya ada empat mantan pemain Macan Kemayoran yang direkrut Serdadu Tridatu untuk musim baru. Mereka adalah Michael Orah, Gunawan Dwi Cahyo, Willian Pacheco, dan Leonard Tupamahu. Orah dan Gunawan merupakan pemain yang ikut membawa Macan Kemayoran juara Liga 1 2018. Sementara Pacheco adalah pemain asing Macan Kemayoran pada musim 2015-2017, dan Leonard adalah pemain Persija pada periode 2005-2010.

Selain empat pemain tersebut, Bali United memboyong pelatih Persija pada musim 2018 yaitu Stefano Cugurra, Melalui media sosial resmi klub, Bali United mengunggah sebuah video soal kedatangan pelatih yang akrab disapa Teco itu. Video tersebut diawali dengan ilustrasi komentar-komentar warganet yang ingin Bali United segera mencari pelatih, bukan hanya terus memperkenalkan pemain-pemain baru. “Penantian telah berakhir. Swasti Prapta Coach Stefano Cugurra Teco,” tulis Bali United dalam akun Instagram resminya.

Patut dinantikan bagaimana daya gedor Bali United pada musim 2019. Pasalnya, sebelum ke Bali United, Teco mempersembahkan tiga trofi juara untuk Persija. Dua trofi diraih pada sesi pramusim 2018 di ajang Boost Sportfix di Malaysia dan Piala Presiden. Musim yang manis itu disempurnakan dengan gelar juara Liga 1 2018, yang mengakhiri penantian 17 tahun Macan Kemayoran menjadi juara liga.

CEO Bali United, Yabes Tanuri, mengungkap dari pembicaraan bersama Teco, diputuskan untuk membawa lebih banyak pemain bertahan karena Serdadu Tridatu sudah memiliki pemain bagus di lini depan. "Tahun ini kami fokus dulu ke perbaikan tim agar pertahanan tim bisa lebih baik lagi. Menurut Coach Teco, daya dobrak tim ini sudah bagus, tapi sering kali dalam pertandingan juga kebobolan," ujar Yabes.

Sementara itu, ketika memberikan sambutan, Teco menegaskan pentingnya kerja keras semua elemen klub untuk bisa mengejar target dari manajemen.

"Saya baru datang dari Brasil, saya senang bisa bekerja di Bali United. Saya pasti mau bekerja keras di sini. Kami mau bekerja keras untuk mendapatkan target yang dipasang manajemen," ujar Teco dalam perkenalannya yang disiarkan secara live streaming oleh Bali United TV.

"Sistem yang saya gunakan mudah. Ketika latihan, saya akan bicara dengan semua pemain, baik bintang maupun pemain muda. Yang penting dalam tim ada respek terhadap siapa yang bermain dan yang berada di cadangan. Semua tergantung di latihan. Ketika pemain bagus di latihan, dia pasti bermain. Begitupun ketika latihan kurang, dia pasti harus menunggu giliran," lanjut pelatih asal Brasil itu.

Di sisi lain, selain empat pemain eks Persija, Bali United juga mendatangkan empat pemain lainnya yaitu Samuel Reimas, Ahmad Maulana Putra, Haudi Abdillah, dan Gusti Sandria.