BREAKINGNEWS.CO.ID – Tim Juri grup merah memberi standing applaus terhadap salah satu penampil pada gelaran Liga  Dangdut Indonesia  (LIDA)  2020.   Mereka yang terdiri dari  Fildan, Lesti, Reza dan Fomal wakil juri grup putih langsung berdiri dan memberi tepuk tangan selama beberapa menit, usai Ila, wakil Sulawesi Selatan memperlihatkan kemampuan olah vokalnya pada Konser Top 70 Grup 2 Putih Senin (27/1) malam.

Selain Ila, penyanyi lain yang tampil adalah Yoyo (Maluku Utara), Mayang (Lampung), Bulan (Kalimantan Tengah) dan Jordan (Kepulauan Bangka Belitung).

Keempat Dewan Juri terlihat sangat menyukai penampilan dari Ila (Sulawesi Selatan) yang membuat mereka semua memberikan Standing Ovation. Seluruh komentar yang didapatkan Ila pun bernada positif saat bernyanyi “Cincin Kepalsuan”, bahkan menurut Reza dirinya adalah calon 3 besar. Fildan pun yang sama-sama berasal dari Sulawesi mengaku bangga dengan Ila karena memiliki karakter suara yang berbeda dari penyanyi lain. “Terlihat dari karakter suaranya, serak basah tapi memiliki power.” puji Fildan. Komentar positif juga dilontarkan untuk Jordan (Kepulauan Bangka Belitung) yang menyanyikan lagu India “Khusiyan Aur Gam” hingga membuat Lesti menitikkan air matanya. “Kamu nyanyinya ikhlas banget, tenang.” tutur Lesti.

Panggung LIDA 2020 juga menghadirkan kisah haru dari Mayang (Lampung) yang pantang menyerah berjuang untuk bisa menjadi Duta Provinsi Lampung. Bekerja sebagai asisten rumah tangga diusia muda, Mayang mengaku sangat bersyukur didukung oleh majikannya untuk mengikuti audisi pencarian penyanyi dangdut terbesar tanah air ini.Bahkan, majikannya pun turut mendukung dan menonton langsung Mayang saat bernyanyi lagu “Kejam” semalam. Tidak hanya Mayang, Yoyo (Maluku) juga menceritakan perjuangannya yang harus rela meninggalkan pekerjaannya sebagai pencuci piring di hotel untuk membiayai ayahnya yang sakit demi untuk mewujudkan cita-citanya berada di ajang ini.

Berbeda dengan Ila (Sulawesi Selatan), Yoyo (Maluku Utara), Mayang (Lampung) dan Jordan (Kepulauan Bangka Belitung), penampilan Bulan (Kalimantan Tengah) yang membawakan lagu “Bisik-Bisik Tetangga” kurang mendapatkan respon positif dari Dewan Juri. Fildan menilai suara Bulan masih terdengar standar, begitu juga dengan Lesti yang mengatakan bahwa tempo Bulan saat bernyanyi juga masih rancu.

Polling akhir menempatkan Ila (Sulawesi Selatan) di posisi teratas disusul oleh Mayang (Lampung), Yoyo (Maluku Utara) dan Jordan (Kepulauan Bangka Belitung). Sedangkan Bulan (Kalimantan Tengah) harus puas berada di posisi terendah dan terhenti di kompetisi ini.

LIDA 2020 akan terus berlanjut malam ini Selasa, 28 Januari 2020 dalam Konser Top 70 Grup 3 Merah yang menampilkan Dini (Sumatera Utara), Erpan (Jambi), Fifa (Sulawesi Tenggara), Titi (Sulawesi Selatan) dan Wulan (Banten).