Pemkab Situbondo mempersiapkan tempat untuk rencana pembangunan stadion berskala nasional. Tempat seluas lebih dari 5 hektar itu berada di Desa Siliwung, Kecamatan Panji.

Sekarang ini mulai dikerjakan studi kelayakan untuk gagasan pembangunan stadion baru itu. Termasuk juga masalah ketersediaan jalur transportasi serta tempat untuk parkir kendaraan

"Kalau lahannya sudah siap dan sudah atas nama pemerintah kabupaten. Luasnya 5 hektar lebih. Tahun ini mulai dilakukan studi kelayakan oleh Bappeda untuk rencana stadion," kata Kabid Aset DPPKAD Situbondo, Abdul Kadir kepada detikcom, Kamis (13/7/2017).

Rencana pembangunan stadion baru tersebut, karena kondisi Stadion Gelora Muhammad Saleh (GMS) Situbondo yang ada dinilai sudah tidak standar. Bukan hanya dari segi minimnya sarana di dalam stadion saja. Di luar stadion, tidak adanya ketersediaan lahan parkir yang layak juga dianggap seringkali jadi persoalan.

"Sehingga setiap ada even pertandingan, parkir kendaraan jadi serig meluber ke jalan dan selalu berpotensi memicu kemacetan," papar Kadir.

Rencana n pembangunan stadion baru berskala nasional juga akan memakan biaya yang cukup besar, diprediksikan lebih dari Rp 50 miliar. sehingga tidak dapat memercayakan biaya daerah. Karenanya, tutur Kadir, pihaknya merencanakan mengajukan permohonan anggarannya ke propinsi bahkan juga pusat.