Jakarta -Spanyol menuju pertandingan pertama dengan perasaan sedikit was-was. Perubahan pelatih dari Julen Lopetegui kepada Fernando Hierro adalah penyebabnya. Saat bertemu Portugal, Jumat (15/6/2018) di Stadion Sochi, tak ada yang tahu pasti, apakah Hierro akan langsung membawa La Furia Roja pada performa terbaiknya. 

Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) sepertinya lebih mementingkan gensi mereka ketimbang memberi kesempatan pada Lopetegui. Akibatnya kini beban besar ada di pundak Hierro untuk melakukan sesuatu demi negaranya agar unggul atas Juara Eropa 2016.

Namun demikian, Spanyol adalah tim dengan mental tanding yang tangguh serta pemain berbakat dengan skil individu luar biasa. Banyak pemain di bawah asuhan Hierro ini adalah pemain dari klub besar seperti Real Madrid, Barcelona sampai Atletico Madrid.

Portugal Ketat

Beberapa pemain yang ada di tim Spanyol saat ini juga pernah menjadi juara dunia di edisi 2010 di Afrika Selatan. Mereka kala itu mampu menyingkirkan Portugal di babak 16 besar berkat gol David Villa. Hanya Portugal secara tradisional tetap menjadi lawan berat bagi Spanyol.  Terlihat dari rekor Portugal yang baru satu kali kalah dalam sembilan laga terakhir di babak grup Piala Dunia.

Sementara Portugal masih berharap pada Cristiano Ronaldo seperti yang diutarakan gelandang Manuel Fernandes. “Ronaldo adalah pemain penting untuk tim dan merupakan salah satu yang terbaik di dunia, ini normal bahwa kami mengandalkan dia,” kata Fernandes.  “Ini sangat normal, meski begitu Portugal keluar sebagai juara Eropa karena kerja sama tim, bukannya individu,” imbuhnya.

Pemenang di laga ini, bisa jadi akan menjadi salah satu kandidat untuk lolos ke babak 16 besar. Spanyol memang diunggulkan, tapi Portugal tak bisa diremehkan. Kedua tim selalu bermain dengan ketat dalam setiap pertandingan mereka. Empat pertemuan antara Portugal dan Spanyol di turnamen besar Piala Dunia  dan Piala Eropa selama ini hanya menghasilkan empat gol. Bukti jika kedua tim selalu ketat. 

Prakiraan Pemain:

Portugal (4-2-2): Patricio; Soares, Pepe, Alves, Guerreiro; B. Silva, Carvalho, Mario, Quaresma; Ronaldo, A. Silva.

Spanyol (4-3-3): De Gea; Odriozola, Pique, Ramos, Alba; Thiago, Busquets, Iniesta; Isco, Costa, D. Silva.