BREAKINGNEWS.CO.ID – Gareth Southgate tak segan untuk mengatakan jika Harry Maguire merupakan salah satu bek terbaik di dunia saat ini. Ia senang memiliki bek dengan kualitas hebat berada di skuat Timnas Inggris.

Sebelumnya, Maguire sendiri hanya menjadi penonton saat Timnas Inggris pergi ke Euro 2016 kala menghadapi Slovakia. Wajar kiranya untuk mengatakan bahwa pendakian karier pemain 25 tahun itu begitu luar fantastis.

Selama 15 bulan terakhir, ini merupakan periode yang mengesankan bagi Maguire yang akhirnya hijrah dari Hull City menuju Leicester City. Dia mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik klub di akhir musim lalu, sebelum membintangi laju Inggris yang mencapai semifinal Piala Dunia pertama kali sejak 28 tahun terakhir.

Maguire pun mampu membayar kepercayaan sang manajer Gareth Southgate di Rusia, dan bos Three Lions itu percaya beknya itu adalah salah satu yang terbaik di Eropa bahkan dunia.

“Saya pertama dan terutama senang dia fit dan tersedia,” ungkap Southgate dalam sesi konferensi pers menjelang pertandingan persahabatan melawan Swiss di Leicester hari Selasa.

“Alasannya adalah ketika saya menontonnya selama musim lalu saya tahu bahwa di panggung terbesar dia akan bisa tampil dan unggul. Saya sangat senang dia akan memiliki kesempatan untuk melakukan itu dan dia menunaikan tugasnya dengan sangat baik.”

“Dia adalah pemain belakang yang luar biasa, dia benar-benar efektif di kotak penalti dan cara dia membawa bola ke depan dan dapat menggunakan bola sama baiknya dengan siapa pun di Eropa, menurut saya.”

“Saya pikir dia membuktikan pada dirinya sendiri saat melawan beberapa pemain top dan beberapa tim top menjelang final, selama final dan lagi Sabtu malam [vs Spanyol] menunjukkan bahwa dia dapat bersaing dengan yang terbaik,” jelasnya

Sebelumnya, Maguire juga tampil apik meski Inggris kalah 2-1 dari Spanyol di UEFA Nations League. Dia berpeluang mencatat penampilan ke-14 untuk Inggris saat menghadapi Swiss di laga persahabatan dini hari nanti.

“Ini telah menjadi beberapa tahun terakhir gila untuk diriku sendiri. Saya pikir dari musim panas hanya pengalaman bermain di pertandingan besar, di Piala Dunia, bermain di pertandingan tekanan tinggi,” ungkap Maguire.

“Dalam karier saya, saya belum benar-benar melakukan itu sejauh ini, jadi untuk pergi ke sana lagi dan bermain di Piala Dunia, mungkin turnamen terbesar di dunia lainnya, dan bermain di bawah tekanan yang ada di sana, itu memberi saya keyakinan besar bahwa Saya bisa pergi dan menikmati musim yang bagus,” pungkasnya.