BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Basket Indonesia akan mengawali perjuangannya di Asian Games 2018, sore ini, Selasa (14/8/2018) pukul 18.30 WIB di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Lawan pertama yang akan dihadapi pasukan Fictor Roring adalah Korea Selatan. Indonesia putra tergabung dalam Grup A bersama Korea Selatan, Mongolia, dan Thailand. Untuk mengawali persaingan di babak grup, Indonesia akan menghadapi Korsel.

Di atas kertas, Korea merupakan lawan cukup berat bagi Indonesia. Mereka adalah peraih medali emas di Asian Games 2014 dan peraih peringkat ketiga Piala Asia FIBA 2017. Mereka juga sangat berpengalaman. Korea Selatan sudah mengikuti enam kali Olimpiade dan tujuh kali Piala Dunia bola basket FIBA. Terakhir kali Korsel bermain di Piala Dunia yaitu di Piala Dunia 2014 di Spanyol, di mana mereka tidak pernah menang dari lima pertandingan.

Sementara di peringkat Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), sampai pertengahan Agustus 2018 Korea Selatan masih menduduki tim terbaik kelima di Asia dan terbaik ke-33 di dunia. Hal ini tentu sangat jomplang bila dibandingkan dengan Indonesia. Di peringkat FIBA, Indonesia adalah tim dengan posisi ke-21 kawasan Asia dan di dunia, hanya menduduki peringkat ke-103.

Meskipun demikian, pelatih Fictor Roring, yakin timnya bisa bersaing untuk meraih hasil terbaik pada laga pembuka nanti. "Saya rasa pekerjaan Indonesia sangatlah tidak mudah. Sangat-sangat sulit sebenarnya. Namun, hidup harus optimistis. Pertandingan pertama melawan Korea kami akan coba, memang berat," kata Fictor Roring beberapa waktu lalu.

"Korea Selatan merupakan salah satu kandidat juara di Asian Games. Mereka adalah juara bertahan dan sudah terbukti bertahun-tahun menguasai persaingan di Asia juga. Mudah-mudahan dengan dukungan bermain sebagai tuan rumah menjadi sebuah keuntungan. Itu yang kami harapkan," tegas pria yang juga menukangi Pelita Jaya itu.

Berikut 12 nama pemain skuat Timnas Basket Putra Indonesia untuk ajang Asian Games 2018:

Arki Dikania Wisnu (Satria Muda)
Adhi Pratama Prasetyo Putra (Pelita Jaya)
Xaverius Prawiro (Pelita Jaya)
Kaleb Ramot Gemilang (CLS Knights)
Jamarr Andre Johnson (Satria Muda)
Andakara Prastawa Dhyaksa (Pelita Jaya)
Kevin Yonas Argadiba Sitorus (Satria Muda)
Valentino Wuwungan (Pelita Jaya)
Sandy Febiansyakh Kusuma (CLS Knights)
Ponsianus Nyoman Indrawan (Pelita Jaya)
Firman Dwi Nugroho (CLS Knights)
Abraham Damar Grahita (Stapac Jakarta)

Berikut jadwal pertandingan babak grup Timnas basket putra Indonesia di Asian Games 2018:

Selasa, 14 Agustus
18.30 WIB: Indonesia vs Korea Selatan

Senin, 20 Agustus
18.30 WIB: Indonesia vs Thailand

Sabtu, 25 Agustus
18.30 WIB: Mongolia vs Indonesia