JAKARTA-Perwakilan sopir angkutan umum jurusan Tanah Abang yakni M03, M08 dan M10 pada akhirnya menyepakati usulan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno untuk ikut program OK Otrip.

"Kami bersama dengan teman-teman perwakilan JP03, JP03A, M08 dan M10 sepakat dan menyepakati, pertama setuju dan mendukung program OK Otrip Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mempercepat implementasi OK OTrip," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (2/2/2018).

Sandi menuturkan, untuk trayek atau jalurnya digunakan sopir angkot tetap bisa melintasi Jalan Jati Baru namun harus bergantian dengan Transjakarta Tanah Abang Explorer. "Operasional trayek angkutan umum bUs kecil diatur di dalam sebuah skema yang bersanding dengan Transjakarta Tanah Abang Explorer, dengan jam-jam yang nanti akan informasikan Dinas Perhubungan," tutur dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah menjelaskan nantinya angkot dan Transjakarta Tanah Abang Explorer jam operasionalnya akan dibagi dua yakni Transjakarta mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB sedangkan angkot mulai jam 15.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB.

"Jam 15.00 sampai jam 08.00 semua rute melalui depan Stasiun Tanah Abang dan melalui Pasar Blok A dapat dilalui angkutan umum unit bus kecil trayek JP03, JP03A, M08 dan M10," jelas Andri.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno baru saja melakukan pertemuan dengan 12 perwakilan sopir angkot dengan memaparkan solusi Pemprov DKI Jakarta atas tuntutan sopir angkot terhadap permasalahan yang di Tanah Abang.

Sebelumnya, sopir angkot mengaku sejak konsep penataan pedagang kaki lima (PKL) di Tanah Abang diberlakukan, pemasukan sopir angkot mengalami penurunan hingga 60 persen yakni Rp60.000 tiap harinya. Akibat hal tersebut ratusan sopir angkot kerap melakukan aksi unjuk rasa hingga mogok karena tidak bisa mengangkut penumpang di Jalan Jati Baru yang tempatnya dipakai untuk PKL berdagang sejak pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.