BREAKINGNEWS.CO.ID – Saat ini, hampir setiap produsen smartphone tengah mengembangkan teknologi pemindai wajah pada beberapa perangkat terbarunya. Tak ingin ketinggalan, salah satu produsen smartphone yakni Sony juga ikut mengembangkan inovasi tersebut pada ponsel besutannya.

Seperti dilansir dari laman Digital Trends pada Senin (7/1/2019), Sony tengah mengembangkan sensor 3D generasi terbaru yang akan disematkan dalam kamera depan atau belakang Smartphonenya nanti.

Inovasi terbaru ini pun dibenarkan oleh Satoshi Yoshihara, selaku Sony Sensor Division. Ia menjelaskan jika kemampuan 3D Sony ini bisa menghasilkan foto wajah penggunanya menjadi lebih detail.

"Kemampuan 3D Sony ini mampu menghasilkan hasil foto wajah pengguna yang lebih detail serta dapat bekerja sampai jarak 5 meter," ungkap Satoshi Yoshihara.

Sebagai informasi, sensor 3D milik Sony ini bekerja dengan menyebarkan sinar laser seperti sonar kelelawar. Metode seperti ini mirip dengan cara kelelawar dalam mengenali lingkungannya. Di mana kelelawar mampu memperkirakan jarak dengan pantulan gelombang suara.

Akan tetapi, sensor ini sulit diterapkan untuk ponsel kelas menengah ke bawah. Itu dikarenakan proyeksi 3D tersebut diperlukan berbagai komponen lain agar mampu bekerja secara maksimal.

Saat ini, teknologi pemindai 3D hanya dimiliki oleh beberapa produsen smartphona seperti Apple, Huawei dan juga Xiaomi. Namun nampaknya, sensor 3D Sony ini diklaim akan memiliki performa lebih baik jika dibandingkan ponsel lainnya. Sony akan memfokuskan sensor 3D selama 2019 ini dan memulai produksinya mulai April.

Namun saat ini belum diketahui secara pasti smartphone Sony yang manakah yang akan hadir dengan inovasi sensor 3D tersebut. Jadi sepertinya kita masih harus menunggu hingga Sony meluncurkan perangkat terbarunya tersebut.