BREAKINGNEWS.CO.ID – Tahun 2019 mendatang, sepertinya pasar smartphone dunia dan di Indonesia akan ramai dengan desain layar lipat. Hal ini dikarenakan beberapa produsen smartphone telah menegaskan jika mereka akan meluncurkan seri terbaru dengan layar lipatnya.

Saat ini tercatat beberapa produsen smartphone seperti Samsung, LG, Huawei, Lenovo dan iPhone tengah merencanakan hal serupa. Tak ingin ketinggalan, kini Sony pun juga siap meluncurkan smartphone layar  lipatnya pada tahun depan.

Menurut laporan yang dilansir dari Forbers, Sony dikabarkan tengah mengajukan paten ke World Intellectual Property Organization. Paten tersebut menunjukkan konsep smartphone layar lipat yang cukup unik dan berbeda dengan bayangan soal smartphone lipat dari produsen-produsen sebelumnya.

Smartphone keluaran Sony ini nantinya juga bisa disetel untuk jadi transparan, semi-transparan, dan non-transparan. Selain itu, Sony juga mematenkan gadget yang bisa digulung, meski masih belum jelas perihal tata penggunaannya.

Dengan adanya paten smartphone lipat ini, Sony mengubah ideologi menjadi mereka yang lebih peka dengan pasar yang ada. Sony sendiri sebelumnya merupakan salah satu produsen smartphone yang lebih memilih berfokus ke inovasi kamera seperti super slow motion dan juga AI.

Hal tersebut dikarenakan Sony tidak terlalu menerapkan perkembangan desain mengingat bahasa desain yang baru saja berubah beberapa waktu belakangan ini. Dan kini Sony pun siap bersaing dengan produsen smartphone lainnya untuk meluncurkan seri layar lipatnya.

Saat ini, faktor desain merupakan hal yang paling dibutuhkan dalam industri smartphone. Selain bisa memiliki perbedaan dari brand lain, desain berbeda akan menjadi terobosan bagi brand itu sendiri. Dan hal tersebut pun kemungkinan yang mendorong salah satu produsen lainnya yakni Apple untuk ikut mempatenkan desain layar lipat atau layar tekuk.